Usia 61 Tahun, ULM Terus Berbenah

UNIVERSITAS Lambung Mangkurat (ULM) memasuki usia ke-61 tahun. Banyak yang telah dicapai universitas tertua di Kalimantan ini.

REKTOR ULM Prof Sutarto Hadi mengungkapka,n tahun 2019 ULM resmi menyandang akreditasi A. Kemidian, insfratruktur, sarana dan prasarana, termasuk 12 gedung baru ULM semakin baik sebagai penunjang aktivitas belajar mahasiswa.

“Temuan-temuan ilmiah dosen kita luar biasa. Paten saja tahun ini ada 15, padahal saya menargetkan hanya lima saja,” kata Sutarto usai Rapat Senat Dies Natalis ULM di Auditorium ULM, Banjarbaru, Senin (23/9/2019).

Diungkapkannya, ULM mengapresiasi setiap paten yang dihasilkan akademisi ULM dengan memberikan setiap sebuah paten uang tunai Rp 15 juta. “Kita ingin memotivasi yang lain agar bisa mendapatkan paten, karena fungsi perguruan tinggi mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi tolak ukurnya adalah publikasi ilmiah, paten dan inovasi,” kata pakar pendidikan matematika ini.

BACA : Ketika Rektor ULM Sutarto Hadi Bercerita Bayang-Bayang Jadi Nyata

Ia menyebut ULM fokus dalam pengembangan ilmu pengetahuan, dan dibuktikan dengan anggaran penelitian akademisi mencapai Rp 20 miliar per tahun. “Mulai tahun depan setiap dosen wajib meneliti karena merupakan amanah Tri Dharma perguruan tinggi, pengajaran penelitian, dan pengabdian masyarakat,” katanya.

Pihaknya menargetkan dalam setahun ada 300-400 jurnal ilmiah yang akan dipublikasikan akademisi ULM, baik yang reputasi nasional, internasional, serta paten ilmiah.

“Kami juga mendorong dosen yang sudah bergelar doktor untuk bisa meraih gelar guru besar atau profesor. Semakin banyak profesor akan memperkuat kinerja universitas, baik pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani