BPBD Kalsel Klaim Penanganan Karhutla Berjalan Sukses

BPBD Kalsel mengklaim, sampai saat ini, penanganan karhutla di Kalsel tergolong berhasil. Hal ini bisa dilihat dari luas lahan yang terbakar, yang dampaknya relatif kecil.

KOORDINATOR Manggala Agni Zulkarnain, Selasa (27/8/2019), mengaku Kalsel termasuk daerah yang mulai dilirik daerah lain karena sukses dalam penanganan karhutla. “Luasan terbakarnya lahan luas, namun dampaknya sangat minimal. Buktinya, bandara dan aktivitas sekolah masih berjalan normal sebagaimana biasa,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Kalsel Wahyuddin mengatakan, walau sampai saat ini karhutla masih terkendali, jajaran BPBD se-Kalsel harus tetap siap siaga. ” Keberhasilan dalam penanganan karhutla karena kita kompak membangun sinergitas dengan semua komponen, termasuk masyarakat,” ujarnya.

BACA : BPBD Kalsel Sebar SMS Berantai, Pemilik Lahan Terbakar Terancam Sanksi

Tahun-tahun sebelumnya, bebernya gerakan memadamkan api hanya menunggu, kini ketika melihat api, masyarakat sudah bahu membahu memadamkan api.

“Alhamdulillah, kita juga didukung Gubernur Kalsel yang punya komitmen tinggi terhadap karhutla ini, bahkan turut memadamkan api sendiri. Saya kira, bupati dan walikota harus mencontoh gubernur agar dapat mengamankan daerahnya dari kepungan api,” katanya.

Kasubid Kesiapsiagaan BPBD Kalsel Muhari menambahkan, pola penanganan karhutla sudah sangat baik. Sselain faktor sinergitas, juga karena tim satgas BPBD, tim gabungan, dan tim Manggala Agni bekerja jemput bola dengan patroli setiap hari, sehingga begitu melihat api langsung bersama masyarakat memadamkan. “Ini sesuai dengan keinginan Paman Birin. Kita harus kepung api, dan jangan sampai kita dikepung api,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Andi Oktaviani
Subscribe to our newsletter
Sign up here to get the latest news and updates delivered directly to your inbox.
You can unsubscribe at any time