Dirgahayu

25 Anggota DPRD Balangan Dilantik, Hadi Serahkan Palu ke Ahsani

SEBANYAK 25 anggota DPRD Kabupaten Balangan periode 2019-2024 resmi dilantik dan diambil sumpah janji jabatan oleh Ketua Pengadilan Negeri (PN) Balangan, Rios Rahmanto di Aula Mayang Maurai, Komplek Garuda Maharam, Paringin, Selasa (13/8/2019).

DIHADIRI Bupati Balangan H Ansharuddin dan pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) dan perwakilan parpol, 25 anggota dewan yang baru kompak mengenakan stelan jas saat dilantik.

Diawali dengan prosesi pembacaan surat keputusan (SK) pemberhentian anggota DPRD Balangan masa jabatan 2014-2019 oleh Sekretaris DPRD Balangan Sutikno, dilanjutkan dengan pembacaan surat pengangkatan anggota DPRD Balangan masa jabatan 2019 – 2024.

Prosesi pergantian wakil rakyat ini ditandai dengan serah terima palu dari Ketua DPRD Balangan periode 2014-2019, H Abdul Hadi dari Fraksi PPP kepada Ketua DPRD sementara, Ahsani Fauzan asal Partai Golkar selaku pemenang pemilu, untuk memimpin rapat paripurna istimewa tersebut.

BACA : Golkar Gusur PPP, Bupati Ansharuddin : Ketua DPRD Balangan Suara Terbanyak

Bupati Balangan H Ansharuddin yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor mengucapkan selamat atas dilantiknya anggota dewan yang baru. Ia berharap dengan semangat baru akan menambah dan meningkatkan kinerja dewan sebagai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

“Penyelenggaraan pemerintah daerah ini akan lebih maju, dan kita bersama dapat memenuhi harapan masyakat baik berkaitan dengann peningkatan kesejahteraan, pelayanan publik, maupun daya saing usaha,” beber Bupati Ansharuddin.

Di tengah keterbukaan ini, Bupati Ansharuddin mengakui harapan masyarakat akan selalu disuarakan dalam bentuk kritik dan pengawasan publik.

BACA JUGA : Jadi Jawara Pileg, Kursi Ketua DPRD Balangan Dipimpin Kader Golkar

Untuk diketahui, Golkar sebagai pemenang Pemilu 2019 dan menguasai kursi terbanyak di DPRD Balangan, dengan 6 kursi berhak mendapat jatah ketua. Sedangkan, posisi wakil ketua ditempati PPP dengan 5 kursi dan PDI Perjuangan bermodal 3 kursi.

Disusul, 3 kursi direbut Partai Nasdem, dan 2 kursi masing-masing ditempati kader PKS, Partai Gerindra dan PAN. Terakhir, PBB dan Partai Demokrat pun kebagian jatah satu kursi di DPRD Balangan.(jejakrekam)

 

Penulis Gani
Editor Didi GS