Satu Jam dengan Pembenteh, 18 Ekor Sapi Kurban Disembelih di Masjid Al Jihad

0

PERALATAN modern diterapkan Masjid Al Jihad Banjarmasin, Kalimantan Selatan.  Agar lebih praktis merebahkan sapi, dua alat mirip kerangkeng bulat yang diberi nama ‘pembenteh’ dalam bahasa Banjar itu, dipakai saat prosesi penyembelihan hewan kurban di perayaaan Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah.

TERCATAT, dalam satu jam, ada sebanyak 18 hingga 20 ekor sapi kurban bisa disembelih tanpa ada perlawanan. Satu per satu, sapi kurban dimasukkan dalam alat terbuat dari rangka besi, kemudian direbahkan menghadap Kiblat, dan selanjutnya tinggal penjagal menjalankan tugasnya.

Untuk menjaga kesehatan dan higienitas hewan kurban, Masjid Al Jihad juga melibatkan dokter hewan yang tiap tahun memeriksa dari proses pemotongan hingga pembagian daging kurban kepada masyarakat yang berhak menerima.

BACA : Masjid Al Jihad Bagikan 12 Ribu Kupon Daging Qurban

Penggunaan ‘pembenteh’ ini diambil Masjid Al Jihad, karena membludaknya para dermawan yang menyumbangkan hewan kurban di masjid terletak di Jalan Cempaka Besar, Banjarmasin itu.

“Kami harus berpikir taktis, tak mungkin menggunakan metode manual dalam proses penyembelihan hewan kurban. Dengan menggunakan alat pembenteh, terbukti lebih efektif dan efesien, karena 20 ekor sapi bisa dipotong dalam satu jam,” ucap Ketua Harian Pengurus Masjid Al Jihad Banjarmasin kepada awak media, Minggu (11/8/2019).

Penyembelihan hewan kurban pun dimulai pukul 11.00 Wita, dan habis shalat Zuhur dan Ashar, daging-daging kurban itu pun dibagikan kepada masyarakat. “Jadi, untuk merebahkan hewan kurban, tak perlu membutuhkan tenaga banyak orang. Cukup dimasukkan ke alat pembenteh, satu per satu sapi kurban siap disembelih,” tutur Mudassir.

BACA JUGA : Semangat Meniru Jejak Ibrahim, Warga Pun Pilih Jalan Arisan Kurban

Menurut dia, terbukti pula, saat menggunakan alat pembenteh, ternyata sapi lebih jinak dan tidak mengamuk bahkan membuat sapi lebih rileks, sehingga memudahkan petugas untuk menyembelihnya.

“Alat pembenteh ini dibuat salah satu pengurus masjid. Ide untuk membuat alat ini, karena sebelumnya saat ingin menyembelih hewan kurban secara manual sempat mengalami kecelakaan,” kata Mudassir.

Di Masjid Al Jihad sendiri, sedikitnya ada 89 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang disumbang para jamaah dan warga disembelih dalam menjalankan ibadah kurban di hari pertama Hari Raya Idul Adha kali ini.(jejakrekam)

 

Penulis Balsyi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.