Diawali Prosesi Tapung Tawar, Mudik Gratis Pemprov Kalsel Dimulai

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan Sahbirin Noor, resmi melepas sebanyak 15 mobil dinas milik berbagai Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) Kalsel yang akan digunakan untuk kepentingan mudik bagi masyarakat di siring tugu 0 Kilometer, Banjarmasin, Kamis (30-05-2019).

PELEPASAN armada mudik gratis yang diikuti ratusan masyarakat dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan ini diawali dengan prosesi tapung tawar baik kepada armada mobil serta sang supir.

Sahbirin Noor mengatakan, penyediaan angkutan mudik gratis ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat  di Banua yang akan berlebaran di kampung halaman bersama sanak famili dan keluarga.

BACA: Pemprov Kalsel Sediakan 50 Unit Angkutan Mudik Gratis bagi Masyarakat dan PNS

“Ini sebagai salah satu upaya untuk memberikan rasa kebahagiaan bagi masyarakat yang akan berlebaran di kampung halaman, jadi melihat moment ini kami memberikan fasilitas mudik gratis,” ujar Gubernur Sahbirin Noor.

Apalagi, jelas Paman Birin (sapaan akrab Gubernur Sahbirin Noor), penyediaan armada mudik gratis sebagai salah satu upaya pengurangan penggunaan mobil pribadi atau masyarakat yang melakukan mudik mempergunakan kendaraan roda dua.

“Mudah-mudahan program mudik gratis dapat dimanfaatkan masyarakat dengan baik, karena tahun mendatang direncanakan akan ada lagi program serupa dilakukan,” papar Paman Birin.

BACA JUGA: Lebaran 2019, BPJS Kesehatan Pastikan Layanan Peserta JKN-KIS Tetap Prima

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan Rusdiansyah mengemukakan, selain pelepasan mudik gratis kloter pertama ini, dihari yang sama juga dilepas sekitaran 10 mobil di Lapangan Murjani Kota Banjarbaru oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, kemudian yang lebih banyak masyarakat yang sudah melakukan pendaftaran yakni di hari Minggu (02-06-2019) nanti.

“Di kloter kedua nanti sekitaran 200 lebih masyarakat sudah melakukan pendaftaran mudik gratis, sehingga mobil yang disiapkan akan lebih banyak dari kloter pertama,” jelas Rusdiansyah.

 

Dimana, dengan penuh antusiasnya masyarakat mengikuti mudik gratis ini dinilai sangat membantu masyarakat yang akan pulang kampung untuk berkumpul dengan sanak famili dan keluarga.

Siti (33) warga Kotabaru salah satunya menilai mudik gratis ini bisa menghemat anggaran keluarga nya untuk bisa pulang kampung berlebaran ke ujung Provinsi Kalimantan Selatan ini.

“Terimakasih Paman Birin atas mudik gratis ini, jujur kami sekeluarga bisa menghemat anggaran, bayangkan naik travel aja sudah Rp 170.000 perorang, dengan jumlah anak sekitar 3 orang bisa dibayangkan berapa pengeluaran yang dikeluarkan apabila tidak mengikuti gratis,’ ucap Siti sembari tersenyum.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.