Sambut Ramadhan, ASN Pemprov Kalsel Bersih-Bersih Masjid Raya Sabilal Muhtadin

MASJID Raya Sabilal Muhtadin dipastikan saat Ramadhan tiba akan sibuk dengan berbagai kegiatan keagamaan. Terutama, saat buka puasa bersama dan shalat Tarawih. Jelang datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah, masjid termegah Kalsel Jalan Jenderal Sudirman ini pun tak luput dibersihkan, Jumat (3/5/2019).

TAK kurang dari ribuan aparatur sipil negara (ASN) Pemprov Kalsel diterjunkan untuk aksi bersih-bersih dikomando langsung Sekdaprov Kalsel Abdul Haris Makkie.

“Aksi bersih-bersih ini diprakarsai Pak Gubernur (Gubernur Sahbirin Noor), makanya ribuan ASN dilibatkan dalam kegiatan bersih-bersih Masjid Raya Sabilal Muhtadin jelang datangnya bulan suci Ramadhan,” ucap Abdul Haris Makkie kepada awak media di Banjarmasin, Jumat (3/5/2019).

BACA : Mulawarman Peduli: Syukuran di Panti Asuhan dan Bersih-bersih Masjid Raya

Dengan turunnya para ASN, Haris Makkie berharap masyarakat umumnya bisa terdorong untuk meniru dan menjadikan hidup sehat sebagai gaya hidup.

“Apalagi, Masjid Raya Sabilal Muhtadin ini merupakan pusat peribadatan umat Islam di Banjarmasin. Edukasi ini diberikan agar warga bersama-sama menjadi tempat ibadah, apalagi jelang datangnya bulan puasa,” ucap Ketua PWNU Kalsel ini.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Kalsel, M Ikhlas Indar mengatakan aksi bersih-bersih Masjid Raya Sabilal Muhtadin menjadi bagian dari kampanya pengurangan sampah plastik menuju Indonesia Bersih 2025.

BACA JUGA : Masjid sebagai Pusat Kebudayaan

Untuk itu, Ikhlas mengatakan para peserta aksi bersih-bersih diminta tak menyediakan air minum kemasan, serta makanan ringan yang disediakan dibungkus dengan daun yang mudah didaur ulang.

“Ada 39 titik yang dibersih dari seluruh kawasan Masjid Raya Sabilal Muhtadin, dari taman, gorong-gorong, saluran air, hingga bagian dalam masjid melibatkan anggota BKPRMI Kalsel,” imbuhnya.(jejakrekam)

 

Penulis Balsyi
Editor Didi GS