ACT

Jelang Ramadhan, Pedagang di Banjarmasin Mulai Pasok Kurma Timur Tengah

231

TINGGAL dua pekan lagi, bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah segera tiba. Menu utama untuk berbuka puasa seperti buah kurma pun kini mulai membanjiri pasar. Buah khas Timur Tengah ini dijual di berbagai tempat, terutama di pasar-pasar tradisional di Banjarmasin.

SEPERTI di Pasar Harum Manis, Pasar Lima dan Pasar Sudimampir Baru, sudah berjejer para pedagang kurma menawarkan barang dengan berbagai kualitas dan jenis.

Sayed Ali, pedagang kurma dan perlengkapan haji di Pasar Lima mengakui saat ini sudah banyak permintaan kurma baik dalam skala besar atau partai maupun eceran untuk disebar di berbagai tempat di Banjarmasin dan sekitarnya.

BACA : Ajwa, Kurma Nabi Tetap Jadi Bintangnya, Kurma Mesir Paling Laris

“Kurma Mesir merek Golden Valley harganya berkiar Rp 240 ribu per kotak. Memang, ada kenaikan harga sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu dari sebelumnya, saat jelang bulan puasa,” ucap Sayed Ali kepada jejakrekam.com, Senin (22/4/2019).

Bahkan, dalam satu bal dengan berat 10 kilogram pun kini telah diincar para pedagang eceran kurma untuk dijual kembali meraih untung. Selain itu, Sayed Ali mengungkapkan kenaikan harga kurma hampir merata dari semua jenis dan asal negaranya.

“Seperti kurma Madinah dijual Rp 80 ribu per kilogram.  Adapula, kurma yang jadi favorit yakni kurma Ajwa atau kurma Nabi harganya Rp 400 ribu per kilogram. Namun, di tingkat grosir dijual seharga Rp 350 ribu per kilogram,” ungkapnya.

BACA JUGA : Dermaga Muara Bahan dan Kisah Para Pemburu Rempah (1)

Usai peribadatan Nisfu Syaban, pemilik toko parfum, H Supian pun mengakui tak hanya kurma yang dicari untuk persiapan buka puasa, juga minyak wangi turut laris manis. “Biasanya, saat memasuki bulan puasa seperti sekarang, permintaan bibit minyak wangi akan meningkat tajam. Kami di sini menjual grosiran maupun eceran,” ucap pedagang parfum di Pasar Baru ini.

Hal senada juga diungkapkan Ahmad. Pedagang buah di kawasan Jalan HKSN, Kuin Utara ini sudah menyediakan aneka kurma seperti kurma madu dijual seharga Rp 60 ribu per kilogram.

BACA LAGI : Sepi Orderan, Pedagang Kurma dan Kue Kering Tidak Berani Stok Barang

Ada pula kurma Mesir dibandrol lebih murah hanya Rp 10 ribu per setengah kilogram. Lalu, kurma Aljazair, kurma Tunisia dan Iran yang turut jadi incaran para pembeli. Yang paling favorit tentu kurma Madinah, yang rasanya berbeda dengan kurma lainnya asal Timur Tengah itu.

“Memang, saat ini pembelian tidak terlalu banyak. Nanti, saat memasuki bulan Ramadhan terutama di akhir bulan Syaban, akan banyak yang membeli kurma. Makanya, kami stok dulu agar para pelanggan mengetahui ada penjualan kurma,” imbuh Ahmad.(jejakrekam)

 

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.