Lolos Verifikasi Faktual, Partai NasDem Memenuhi Syarat (MS)

0

KESERIUSAN Partai NasDem dalam berpolitik patut ditiru. Pasalnya, Parpol yang berusia 6 tahun ini tidak sedang main-main membangun infrastruktur politik demi kemenangan di Pemilu 2019. Meski hanya memperoleh suara 8,4 juta lebih (7 persen) pada Pemilu 2014, namun terbukti, hasil verifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap keanggotaan Partai NasDem, termasuk di Kalimantan Selatan kini telah memenuhi syarat (MS).

HAL itu terlihat dari verifikasi faktual yang digelar KPU kepada DPD Partai NasDem Kabupaten/Kota se-Kalsel.  Berdasarkan laporan tim verifikasi Partai NasDem Provinsi Kalsel menyebutkan, 13 kabupaten/kota se-Kalsel telah diverifikasi KPU, mulai dari faktual keanggotaan sesuai Sistem Inforamsi Partai Politik (Sipol) yang dicocokkan dengan KTA dan KTP, alamat kantor, kouta 30 persen perempuan, keberadaan ketua, sekretaris, bendahara (KSB), dan lainnya.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Banjarmasin HA Zainuddin Djahri menyebutkan, keanggotaan Partai NasDem yang disodorkan ke KPU telah memenuhi syarat. Bahkan verifikasi yang berlangsung kurang lebih satu jam itu tidak ada hambatan sama sekali. “Ya, semua anggota Partai NasDem berhadir dengan menunjukkan KTA dan KTP Elektronik, bahwa mereka benar-benar adalah kader Partai NasDem,” ujar mantan Ketua BPC Gapensi ini kepada pers, usai verifikasi faktual KPU di kantor Partai NasDem Jalan Lingkar Dalam Utara Banjarmasin,  Rabu (31/1/2018).

Zainuddin mengaku gembira hasil kerja keras pihaknya, dalam memenuhi target untuk menjadi peserta Pemilu 2019, sekaligus bertekad menang Pileg 2019. “Kami tidak main-main dalam Pemilu 2019 kali ini, dan syarat yang ditetapkan perundangan-udangan pun kami penuhi,” tambah Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Banjarmasin M Rivadin Azhari didampingi Bendahara Syahrani.

Senada itu, Wakil Sekretaris DPW Partai NasDem Kalsel HM Haris menyatakan, pihaknya lolos verifikasi faktual dan telah diserahkan hasil verifikasi secara resmi oleh Ketua KPU Kalimantan Selatan Dr Samahuddin Muharram. “Partai NasDem dinyatakan lolos verifikasi,” usai ucap pengusaha enerjik ini penyerahaan hasil verifikasi faktual di kantor KPU Kalsel Jalan A Yani Km 4 Banjarmasin, Rabu (31/1/2018).

Dia menyakini DPD Partai NasDem Kabupaten/Kota se-Kalsel pun juga lolos verifikasi, sebab dari 13 DPD Partai NasDem, kini telah diverifikasi 11 DPD dengan hasil memenuhi syarat (MS). “Tinggal menunggu hasil verifikasi Kabupaten Kotabaru dan Hulu Sungai Utara saja lagi,” tutur Haris.

Di tempat terpisah, Khairunizan, komisioner KPU Kota Banjarmasin mengungkapkan, memang  terberat dalam veriikasi faktual adalah keberadaan anggota parpol. Ia tak menampik, jika Partai NasDem yang diverifikasinya telah memenuhi syarat (MS).  “Hasil verifikasi faktual Partai NasDem Kota Banjarmasin telah  memenuhi syarat (MS). Ya, saya nyatakan MS, dari Sipol dan KTP serta KTA semua sama,” tandas pria berkacamata ini didampingi Ketua Panwas Kota Banjarmasin M Yasar, Panwas Timur Usamah, Panwas Tengah Hamsani, dan Panwas Utara Rozy Maulana bersama Nora Purwati.

DPD Partai NasDem yang telah diverifikasi faktual tanggal 30-31 Januari 2018 yakni DPD Banjarbaru, Tapin, Tanah Bumbu, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Batola, Banjarmasin, Tabalong, Tanah Laut, Hulu Sungai Selatan, dan Banjar, dengan hasil memenuhi syarat (MS). Sedang DPD Kotabaru dan Hulu Sungai Utara berlangsung 1 Pebruari 2018 hari ini.  Dalam verifikasi faktual tersebut, selain KPU juga melibatkan Pantia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/Kota, serta unsur terkait lainnya.(jejakrekam)

Penulis : jejakrekam

Editor    : Afdi Achmad

Foto      : jejakrekam

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.