Ucapan ramadhan

Menumpuk di Jalan Veteran, Bau Sampah Dikeluhkan Warga

TUMPUKAN sampah tampak masih menggunung di kawasan Jalan Veteran, RT 25 Kelurahan Sungai Bilu, Kecamatan Banjarmasin Timur. Keberadaan tempat pembuangan sampah di antara pertokoan milik warga juga dikeluhkan, akibat sampah belum terambil dan menebarkan bau tak sedap.

PEMILIK warung makan di Jalan Veteran, Ardiansyah mengaku tak setuju dengan adanya tempat pembuangan sampah sementara itu, karena berada dekat dengan warung makan serta toko sembako, sehingga mengganggu para calon pembeli dan penjual. “Bukan apa-apa bau yang tak sedap juga menyebar, kalau sampah ini tak terangkut,” ucap Ardiansyah kepada jejakrekam.com, Selasa (23/1/2018).

Saat jejakrekam.com berada di lokasi, kesadaran warga untuk membuang sampah pada waktunya pun tampaknya dilanggar. Hal ini terlihat, ada beberapa warga yang melempar sampah dalam kantong plastik ke tempat pembuangan sampah. Padahal, sesuai ketentuan, seharusnya jam pembuangan sampah itu berlaku sejak pukul 18.00-06.00 Wita.

Iklan Samping 300×250

Alasan warga pun beragam. Karena tempat pembuangan sampah (TPS) di kawasan itu terlalu jauh, sehingga memilih membuang di kawasan yang bukan TPS resmi tersebut. Warga Gang Sepakat, Jalan Veteran Banjarmasin,  Madi berharap agar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarmasin, khususnya yang membidangi persampahan bisa mencari lokasi terdekat. “Kami juga berharap tumpukan sampah ini segera diangkut. Selain itu, di kawasan itu, tak ada pengumuman larangan dari instansi berwenang, atau ditutup dengan pagar. Akhirnya, warga pun membuang sampah ke tempat itu,” ucap Madi.

Bahkan, menurut Madi, terkadang tumpukan sampah yang menggunung itu meluber ke bahu jalan, sehingga dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas serta menebar bau tak sedap. “Belum lagi, kalau ada sampah basah yang licin, bukan mengancam para pengendara bermotor saat melintas di jalan ini,” kata Madi.(jejakrekam)

Penulis : Sirajuddin

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Sirajuddin

 

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.