Pilkada Tapin-Tabalong Masuk Radar Bawaslu Kalsel

0

JELANG pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Selatan mempetakan rawan politik di empat kabupaten yakni Kabupaten Tapin, Hulu Sungai Selatan, Tabalong dan Tanah Laut.

DARI hasil rapat koordinasi Bawaslu se Indonesia Kalsel dengan 4 kabupaten tersebut tergolong sedang. Namun diprediksi tertinggi Kabupaten Tabalong, Tapin Hulu Sungai Selatan dan Tanah Laut terendah. Namun tidak menutup kemungkinan Kabupaten Tanah Laut bisa menjadi tertinggi rawan politik. Termasuk, sosialisasi pengawasan Pemilu anggota DPR,DPD, dan DPRD serta pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019.

Ketua Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan  mengatakan, sebentar lagi akan dilaksanakan Pemilu DPR,DPD dan DPRD tahun 2019 karena kekurangan personil mengharapkan bantuan dari semua pihak sebagai tugas fungsi dalam pengawasan lebih baik lagi. Sebentar lagi, kegiatan pelaksanaan pilkada 4 kabupaten HSS, Tapin, Tanah Laut dan Tabalong melakukan persiapan pengawasan sampai Pileg dan Pilpres 2019.

“Kami fokus pilkada empat kabupaten yakni Kabupaten Tapin, HSS,Tabalong dan Tanah Laut yang dijadwalkan pada tanggal 27 Juni 2018, sampai saat ini belum ada temuan hanya pelaporan dari LSM dan masyarakat,”ujar Iwan di sela acara sosialisasi pengawasan pemilihan umum anggota DPR,DPD, dan DPRD serta pemilihan umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019 di Pyramid Suites Hotel Banjarmasin, Rabu (13/12/2017).

Bahkan, menurut dia, Bawaslu sudah membentuk Tim Khusus untuk menyikapi permasalahan di Kabupaten Tabalong dan Tapin. Memang untuk personil Bawaslu belum memadai dan lengkap hanya panwascam terbentuk 13 kabupaten/kota, sedangkan pengawas kelurahan belum terbentuk setiap desa punya pengawas yang diharapkan awal Januari pengawas lapangan, kelurahan dan desa terbentuk.

“Kami harus wajib bekerjasama dengan semua pihak, pramuka, LSM,tokoh agama dan Insan pers melengkapi,”jelasnya.
Memang untuk kabupaten Tapin dan Tabalong mulai memanas dengan adanya laporan, mudah-mudahan permasalahan dukungan KTP ini bisa selesai dengan baik.

Indonesia secara keseluruhan pelaksanaan PIlkada serentak ada 171 kabupaten/kota dan 17 provinsi. Nah, kerawanan di Kabupaten Tabalong ada kemungkinan incumbent maju, dari hari-hari politik pun berubah kabupaten Tanah Laut terindikasi bisa rawan politik dari rendah kemungkinan tinggi, karena selain calon incumbent yakni Bupati Tanah Laut, Bambang Alamsyah mencalon kemungkinan Wakil Bupati Sukamta juga ikut mencalon.
“Dari hasil pantauan kami kemungkinan kerawan politik di Kabupaten Tanah Laut terjadi.Setidaknya kami memperkuat pengawasan ditingkat kecamatan dan memonitor riak-riak kecil di 4 kabupaten tersebut,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis : Afdin NR

Editor   : Afdi Achmad

Foto     : Bawaslu Kalsel

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.