jejakrekam.com

semua ada di sini

Sunday 17th December 2017

Kini, Bandara Warukin Layani Penerbangan Domestik

Kini, Bandara Warukin Layani Penerbangan Domestik

STATUS sebagai bandar udara (bandara) umum yang diraih Bandara Warukin di Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, membuat bandara yang semula jadi landasan terbang PT (Persero) Pertamina, kini melayani penerbangan untuk masyarakat umum.

PENINGKATAN status dan pelayanan Bandara Warukin ini ditandai dengan peresmian oleh Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor, usai puluhan tahun vakum dalam aktivitas penerbangan publik di Tanjung, Senin (4/12/2017).

Direktur Manajemen Aset PT Pertamina, Dwi W Daryoto pun mengaku bersyukur dengan peningkatan status Bandara Warukin yang selama ini hanya melayani karyawan Pertamina. “Saat ini, penerbangan domestik sudah bisa dilayani di Bandara Warukin. Maskapai Pelita Air menjadi pertama yang melayani rute penerbangan dari Kota Tanjung ke beberapa kota lainnya di Indonesia,” ucap Dwi W Daryoto.

Sedangkan, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengingatkan dengan meningkatnya pelayanan penerbangan di Bandara Warukin, bisa memudahkan akses transportasi udara bagi publik. “Termasuk, bagi masyarakat Tabalong yang akan melakukan perjalanan udara bisa lebih mudah. Termasuk, untuk keperluan mendesak bisa memanfaatkan layanan penerbangan di Bandara Warukin,” ucap Paman Birin-sapaan akrab Gubernur Kalsel yang didampingi Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani dan pejabat lainnya.

Ada beberapa rute penerbangan dari Kota Tanjung- Banjarmasin menuju Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru. Lalu, Tanjung-Surabaya di Bandara Djuanda, Tanjung-Balikpapan (Kaltim), serta Tanjung-Jakarta dengan tujuan Bandara Halim Perdana Kesuma, bukan di Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. “Jadwal penerbangan akan dijadwalkan ada setiap hari, dan diupayakan rutin sebelum Hari Natal 2017,” ucap Dwi lagi.

Untuk merenovasi Bandara Warukin, Pertamina pun menggelontorkan dana sebesar Rp 70 miliar. Namun, Dwi memastikan Pertaina tak hanya sekadar mencari keuntungan, tapi bertujuan untuk melayani negeri. “Semoga Bandara Warukin ini bisa digunakan sebagai akses transportasi masyarakat Tabalong dan sekitarnya,” pungkas Dwi.(jejakrekam)

Penulis : Hery Yusminda

Editor   : Didi GS

Foto      : Koran Kontras.net

Tags: , ,
banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan