Kawal Sidang Muslih-Trensis, 50 Personil Polisi Diterjunkan

0

DIANGKUT dengan menggunakan mobil dinas Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarbaru berplat nomor DA 664 R dari Lapas Banjarbaru, dua terdakwa kasus dugaan suap pemulusan perda penyertaan modal Pemkot Banjarmasin ke PDAM Bandarmasih senilai Rp 50,7 miliar, Muslih dan Trensis yang mengenakan rompi orange tiba di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banjarmasin, Jalan Pramuka, Kamis (23/11/2017) sekitar pukul 09.12 Wita.

MANTAN Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Muslih bersama Manager Keuangannya, Trensis langsung dititipkan di sel tahanan PN Tipikor Banjarmasin. Kedatangan Muslih dan Trensis tampak disambut keluarga besarnya sudah menunggu sejak pagi untuk menyakskan persidangan perdana kasus operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi ini.

Untuk mengamankan lokasi persidangan, sedikitnya ada 50 personil dari Polresta Banjarmasin dan Polsekta Banjarmasin Timur yang diterjunkan. Para personil di tempat di kawasan Jalan Pramuka, halaman hingga menjaga sel tahanan.

“Ada sekitar 50 personil yang diturunkan untuk pengamanan persidangan perkara ini di PN Tipikor Banjarmasin,” ucap Kapolsekta Banjarmasin Timur, Kompol Uskiansyah kepada wartawan, Kamis (23/11/2017).

Menurut perwira menengah Polda Kalsel ini, pengamanan ini berdasar permintaan KPK, namun tidak disebutkan jumlah personil yang diturunkan dalam mengawal persidangan kasus PDAM Bandarmasih di PN Tipikor Banjarmasin. Namun, kata Uskiansyah, pihak Polresta Banjarmasin merespon dengan menurunkan 50 personil berpakaian lengkap.

“Kami mengamankan persidangan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan terjadi. Walau berdasar informasi dari intelijen kami, tidak ada aksi massa. Namun, kasus ini telah menjadi perhatian nasional, sehingga kami harus mengawalnya,” tutur Uskiansyah.

Persidangan pun langsung dibuka ketua majelis hakim PN Tipikor Banjarmasin, Sihar Hamonangan Purba  denga dua hakim anggota, Afandi Widarijanto dan Dana Hanura pada pukul 10.15, dan tidak sampai satu jam, berakhir pada pukul 11.00 Wita. (jejakrekam)

Penulis : Sirajuddin

Editor   : Didi G Sanusi

Foto      : Sirajuddin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.