Kanim Banjarmasin Diminta Tingkatkan Pelayanan

0

ROMBONGAN Komisi III DPR RI dipimpin Desmond Junaidi Mahesa berkunjung ke Kantor Imigrasi (Kanim)  Kelas I Banjarmasin di Banjarbaru, Senin (30/10/2017). Kunjungan 15 pimpinan dan anggota komisi yang  membidangi hukum, HAM dan keamanan dalam rangka reses masa persidangan 1 tahun 2017-2018. 

DALAM kunjungan ini,  rombongan para wakil rakyat asal Senayan ini melihat langsung pelayanan di kantor tersebut. Mulai dari loket nomor antrian,  hingga loket pengambilan paspor yang sudah selesai. Mereka juga meminta penjelasan dari Kepala Kanim Kelas I Banjarmasin,  Syahrifullah, terkait layanan untuk lanjut usia (lansia)  dan anak-anak.

Berdasarkan penjelasan Syahrifullah,  untuk layanan lansia dan anak-anak,   pembuatan paspor mendapat prioritas loket khusus dan satu hari selesai. “Di luar itu,  pembuatan paspor selesai tiga hari setelah pembayaran,” ujar Syahrifullah kepada Desmond dan kawan-kawan.

Menurut Syahrifullah,  setiap harinya pelayanan pembuatan paspor terpaksa dibatasi hanya 150 pemohon. Karena bila tidak dibatasi,  pemohonnya membludak. “Untuk saat ini,  pemohon didominasi mereka yang membuat paspor untuk umroh. Hampir 80 persen. Sisanya,  mereka yang ingin berlibur ke sejumlah negara di Asean. Seperti Singapura dan Malaysia, ” kata Syahrifullah.

Untuk pelayanan,  menurut dia,  mereka sudah sesuai standar. Namun  untuk fasilitas, diakui Syahrifullah,  pihaknya harus banyak pembenahan. Salah satunya ruang tunggu. Karena akibat tingginya jumlah pemohon,  sebagian harus menunggu di luar ruang tunggu yang ada. Namun,  untuk kenyaman selama menunggu,  didirikan tenda lengkap dengan kursinya.

“Kami sudah berencana membuat kanopi menggantikan tenda yang ada sementara ini. Tapi pembenahannya harus bertahap dan menunggu persetujuan anggaran, ” ujarnya.

Pasca mendapat penjelasan dan melihat langsung pelayanan di kantor ini, Desmond mengaku tidak menemukan permasalahan berarti. Kecuali soal ruang tunggu. “Tapi kan sudah ada rencana untuk dibenahi. Jadi patut diapresiasi upaya untuk melayani masyarakat secara prima,”  kata politisi Partai Gerinda ini.

Meski demikian,  sudah menjadi kewenangannya sebagai anggota dewan yang duduk di Komisi III DPR RI untuk mengawasi kantor keimigrasian. “Pengawasan yang kami lakukan untuk memastikan uang rakyat yang digunakan di layanan keimigrasian memang untuk rakyat dengan pelayanan prima,” ujar Desmond.(jejakrekam)

Penulis : Deden

Editor   : Didi GS

Foto      : Deden

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.