6.652 Warga Teweh Tengah Belum Rekam Data

0

PROGRAM Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) hingga kini masih menyisakan masalah. Buktinya, ribuan warga di Kecamatan Teweh Tengah, Kabupaten Barito Utara (Barut), masih belum memiliki e-KTP.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Barito Utara, warga Kecamatan Teweh Tengah yang belum melakukan perekaman ada sekitar 6.652 orang dari jumlah wajib e-KTP 38.774 orang. Sedangkan wajib e-KTP untuk sembilan kecamatan termasuk Teweh Tengah 104.491, yang sudah direkam sekitar 83.020 warga.

Nah, dalam upaya percepatan penyelesaian perekaman e- KTP bagi penduduk di Kabupaten Barito Utara, maka dilakukan jemput bola, dengan pelayanan keliling  untuk warga yang belum melakukan perekaman hingga tuntas.

Lurah Lanjas Tri Sunarsih kepala jejakrekam.com, Senin (28/8) mengatakan, atas dasar surat yang dilayangkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil, maka pihaknya siap membantu turun ke lapangan atau mendatangi rumah warga.

Menurut Tri Sunarsih, untuk Kelurahan Lanjas sendiri saat ini ada tigabelas RT, dimana pendataan dimulai pada Senin (28/8) hingga tanggal 18 September tahun 2017. Dimana saat ini dari tiga belas RT tersebut jumlah penduduknya hampir 15.000 yang sudah memiliki e-KTP. “Untuk percepatan ini, maka kita langsung turun ke lapangan atau dor to dor mendata warga,”kata Tri Sunarsih.

Lebih lanjut dikatakan, perekaman e-KTP memang harus diselesaikan, mengingat tahun 2018 Barut akan melaksanakan pemilihan kepala daerah. Sehingga jumlah  ini nantinya dipakai untuk data Base kependudukan, selain untuk kelurahan juga masuk data dinas kependudukan dan pencatatan sipil.

“Jadi sebelum akhir tahun ini data kependudukan di Kelurahan Lanjas sudah rampung sesuai dengan petunjuk dinas kependudukan dan pencatatan sipil,”jelasnya.

Dengan mendatangi rumah warga sambung dia, maka dinilai sangat efektif menuntaskan pendataan sekaligus perekaman, sebab kartu tanda penduduk juga bisa dipakai untuk hak suara dalam pemilihan, baik pemilukada juga pemilihan legislatif.(jejakrekam)

 

Penulis   : Bani

Editor      : Agus Salim

Foto        : Bani

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.