Fakultas Kehutanan dan Perikanan ULM Ternyata Diminati Warga Jawa Barat

0

QS Word University Rankings pada 2013 lalu, sudah mengeluarkan rilis pemeringkatan studi terbaik untuk jurusan pertanian dan kehutanan di Indonesia, masih didominasi Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sejajar dengan sejumlah perguruan tinggi ternama lainnya di dunia, seperti Murdoch University Australia, University Cattolica del Sacro Cuore Italia, dan University of Tasmania Australia.

IPB memang tetap berada di urutan pertama, menyusul berikutnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Sedangkan di kategori Asia, jurusan pertanian dan kehutanan terbaik adalah Kyoto University, The University of Tokyo Hokkaido University dan Tohoku University di Jepang, serta Kasetsart University di Thailand. Meski begitu, ternyata Universitas Lambung Mangkurat (ULM) tetap menjadi pilihan warga luar Pulau Kalimantan.

“Selama ini, ada dua fakultas yang jarang dilirik warga Kalsel seperti Fakultas Kehutanan dan Perikanan, termasuk Pertanian. Padahal, fakultas-fakultas ini justru dilirik warga Jawa Barat. Sebab, saat ini, Jawa Barat tengah gencar-gencarnya untuk membangun sistem perikanan dan kehutanan sebagai andalan daerah,” tutur Wakil Ketua Program Pasca Sarjana ULM Banjarmasin, Prof DR Dwi Atmono kepada jejakrekam.com, Selasa (21/3/2017).

Ia mengakui ULM tetap menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) terbesar di Kalimantan, karena peminatnya tiap tahun bisa mencapai 11.332 orang. Sementara, kapasitas mahasiswa barunya hanya 1.939 orang. Menurut guru besar FKIP ULM ini, saban tahun program studi (prodi) yang menjadi primadona adalah Fakultas Ekonomi dan FKIP. Terutama, prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), prodi Akuntansi, serta Manajemen, disusul Farmasi dan Kesehatan Masyarakat.

Berbeda, menurut Dwi Atmono, dengan para lulusan SMA sederajat asal Jawa Barat, terutama berasal dari Sukabumi, Cianjur serta daerah lainnya justru melirik ULM khususnya untuk dua fakultas yakni Kehutanan dan Perikanan, seperti prodi Teknologi Hasil Perikanan dan Produksi Ternak.

“Makanya, sekarang banyak mahasiswa yang berasal dari Jawa Barat lebih memilih kuliah di ULM. Terutama, jurusan atau program studi yang ada di Fakultas Kehutana dan Perikanan di ULM. Ini membuktikan bahwa ULM masih diperhitungkan di tataran perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia,” tuturnya.

Sesepuh Formas Sunda Ngumbara Kalimantan Selatan ini mengakui warga Jawa Barat lebih memandang ULM termasuk perguruan tinggi favorit di Pulau Kalimantan, dibandingkan universitas lainnya. “Kami juga terus memperkenalkan ULM kepada warga Jawa Barat, agar memilih kuliah di kampus ini. Terlebih lagi, biaya kuliah yang ada di kampus ULM jauh lebih murah dan berkualitas tak kalah dengan perguruan tinggi di Pulau Jawa,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis   : Didi GS

Foto        : Fakultas Kehutanan ULM

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.