Trio Curanmor Babirik Dipamerkan di Depan Publik

0

PARA tersangka yang terjerat berbagai kasus tindak pidana dipamerkan Polres Hulu Sungai Utara (HSU) kepada publik, khususnya kepada Bupati Abdul Wahid HK dan jajaran aparat penegak hukum lainnya dalam pers rilis pengungkapan kasus selama bulan Ramadhan 1438 Hijriyah di Amuntai, Senin (19/6/2017).

TENTU saja aksi pencurian bermotor (curanmor) bahkan dengan pemberatan yang dilakoni trio warga Kecamatan Babirik alias Trio Babirik ini cukup menyita perhatian. Sebab, ada beberapa sepeda motor yang utuh dan tengah dipreteli turut dipamerkan. Ketiga tersangka yang dikenal Pasal 363 KUHP yakni Muhammad Rujani alias Jani (22 tahun), tinggal di Desa Kelumpang Dalam, lalu Muhammad Rudi Ani alias Amat (19 tahun) tercatat berdomisili di Desa Teluk Lumpang, dan Jundiriyadi alias Ijun yang tinggal di Desa Murung Panti Hulu, tampak kompak mengenakan baju tahanan.

Tak mengherankan, jika Kapolres HSU AKBP Agus Sudaryatno pun menegaskan akan terus menindak tegas para pelaku curanmor yang sudah termasuk meresahkan masyarakat tersebut. Apalagi, aksi para curanmor ini bukan hanya di wilayah hukum HSU, namun sudah merambah daerah lainnya di Provinsi Kalimantan Selatan.

Makanya, Bupati HSU Abdul Wahid langsung mengapresiasi langkah tegas yang diambil jajaran kepolisian demi menciptakan rasa aman dan tertib di daerah. Bahkan, Bupati Abdul Wahid terlihat cukup terkejut dengan barang bukti yang dipamerkan, termasuk bagian dari sepeda motor yang telah dipreteli yang selanjutnya menjadi barang dagangan itu.

Penangkapan Trio Bibirik ini berkat kegigihan anggota Unit Resmob Satreskrim Polres HSU yang menciduk satu per satu gembong curanmor.  Mereka ditangkap di tempat yang berbeda pada Minggu (4/6/2017) lalu.  Dari komplotan Jani dan kawan-kawan ini, tinggal satu pelaku yang tengah diburu dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) yakni Gani.

Komplotan Jani cs ini merupakan spesialis curanmos yang beraksi di 10 tempat kejadian perkara (TKP), khususnya di wilayah HSU, Kabupaten Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST) dan Hulu Sungai Selatan (HSS). Banyak para korban yang telah melapor kehilangan sepeda motor yang digondol para ‘bandit’ ini.(jejakrekam)

Penulis : Muhammad Yusuf

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Muhammad Yusuf

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.