YBM PLN UP3 Banjarmasin Serahkan Paket Sembako ke Posyandu Lansia Senyum Ceria

0

KETUA Yayasan Baitul Mal (YBM) PT PLN UP3 Banjarmasin, Maskiyem menyerahkan bantuan paket sembako bagi lanjut usia (lansia) di bawah naungan Posyandu Lansia Senyum Ceria.

JUMLAH lansia yang kini dibina Posyandu mencapai 116 orang tersebar di 17 RT di Kelurahan Alalak Selatan mendapat bantuan dari Yayasan Baitul Mal PT PLN UP3 Banjarmasin, Sabtu (14/10/2023).

“Sebenarnya, ada 350 lansia yang ada di Kelurahan Alalak Selatan. Namun, baru 116 orang saja yang bisa kami tampung di Posyandu Lansia Senyum Ceria,” ucap Ketua Posyandu Lansia Senyum Ceria, Syamsul Ma’rif.

Kondisi itu diakui Achoel-sapaan arab Ketua LSM Gempita Kalimantan Selatan ini karena daya tampung pada posyandu yang terbatas.

“Dari kapasitas yang ada, idealnya hanya 40 lansia yang bisa ditampung. Mereka bisa terjamin konsumsi dari bantuan finansial atau operasional, terutama dari pihak kelurahan sebesar Rp 500 ribu per bulan,” kata Achoel.

BACA : Menjemput Sehat Di Posyandu Lansia Senyum Ceria

Bantuan ini digunakan untuk keperluan konsumsi para lansia yang ditampung Yayasan Lansia Senyum Ceria. Ini belum termasuk beli air mineral, tisu, permen, serta biaya administrasi yang dikelola pihak posyandu.

“Idealnya untuk bisa mencover 116 lansia ini dibutuhkan dana sebesar Rp 1,5 juta per bulan. Dana itu memang hanya untuk kebutuhan konsumsi para lansia. Dengan kondisi ini, makanya dalam mengelola posyandu mengutamakan ikhlas beramal walau harus keluar dari kocek pribadi,” papar Achoel.

Dari keseluruhan lansia yang ada di Kelurahan Alalak Selatan, Achoel mengungkapkan juga memperhitungkan obat yang dikeluarkan pihak Puskesmas Alalak Selatan ditambah lagi keterbatasan tenaga medis dan lainnya.

BACA JUGA : Tak Punya Panti Jumpo, Terbanyak di Banjarmasin Selatan, Dinsos Sebut Ada 269 Lansia Terlantar

Saat berkunjung ke Posyandu Lansia Senyum Ceria, Ketua Yayasan Baitul Mal (YBM) PT PLN UP3 Banjarmasin, Maskiyem mengungkapkan bantuan yang diserahkan merupakan hasil urunan dana dari karyawan PLN.

“Dana ini disisihkan dari gaji para karyawan PLN. Dana ini digunakan untuk disalurkan kepada pihak yang membutuhkan bantuan seperti pada dhuafa, yatim piatur, fakir miskin serta lansia yang tidak mampu,” kata Maskiyem.

BACA JUGA : Ada Posyandu Lansia dan Remaja, Banjarmasin Berdayakan Kader Ujung Tombak Pelayanan

Dia berharap paket sembako yang diserahkan ke Posyandu Lansia Senyum Ceria bisa meringankan hidup para lansia.

“Kami mohon doa untuk keselamatan para pekerja PLN di lapangan yang penuh risiko, bahkan bisa kehilangan nyawa dalam bertugas. Kami minta halal dan Ridha atas ketidaknyamanan pelayanan PLN selama ini,” papar Maskiyem.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Ipik Gandamana

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.