Pemprov Kalsel Siapkan Berbagai Event Sambut Hari Jadi Ke-74 Tahun

0

GUBERNUR Kalsel, H Sahbirin Noor melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar memimpin rapat persiapan peringatan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalsel, Selasa (21/5/2024).

RAPAT yang berlangsung di ruang rapat Aberani Sulaiman, Kantor Gubernur Kalsel tersebut, membahas berbagai hal terkait persiapan harjad Kalsel, termasuk rangkaian acara dan lokasi perayaan.

Diketahui, ada 2 alternatif lokasi yang diusulkan, yakni Taman Siring 0 Km Banjarmasin dan Kantor Gubernur Kalsel di Banjarbaru.

BACA: Rampung 2024, Pengelolaan Aset Proyek Strategis Paman Birin Jadi Prioritas

Selain peresmian Tugu Nol Kilometer, pada rangkaian Hari Jadi Kalsel ke-74 juga akan dilakukan penandatanganan prasasti Masjid Seykh Muhammad Arsyad Al Banjari, Jalan Alternatif Banjarbaru-Batulicin, dan GOR Paman Birin.

Hari Jadi Provinsi Kalsel Ke-74 akan dirangkai dengan beberapa event, yaitu HUT Republik Indonesia, Festival Wisata Budaya Terapung, dan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) XIV, Geopark Great Culture Carnival.

Dalam rapat tersebut, Gubernur Kalsel melalui Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menyoroti pentingnya mempersiapkan segala sesuatu dengan matang untuk memastikan kelancaran dan kesuksesan perayaan tersebut.

“Meskipun waktu kegiatan masih terbilang panjang, kita harus mulai optimalisasi area perayaan dari sekarang. Setiap detail harus diperhatikan agar tidak ada kendala saat acara berlangsung,” ujar Roy.

Terkait dengan lokasi perayaan yang masih belum ditentukan, Sekdaprov Kalsel meminta agar seluruh persiapan sudah matang sebelum H-1. “Lokasi yang belum final ini tidak boleh menjadi penghalang. Semua persiapan harus sudah siap sebelum H-1, sehingga kita dapat memastikan semua berjalan sesuai rencana,” tambah Roy.

BACA JUGA: Gencarkan Promosi Potensi Wisata Geopark Meratus, Pemprov Kalsel Gelar Rakornis

Sementara itu, Ketua Harian Geopark Meratus yang juga menjabat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kalsel, Hanifah Dwi Nirwana memaparkan, bahwa event Porwanas XIV ini akan disinergikan dengan rencana Geopark Great Culture Carnival.

“Geopark Meratus Great Culture Carnival akan menampilkan pertunjukan seni dan budaya yang mencakup tarian tradisional, musik lokal, teater, seni pertunjukan dan lainnya yang dimiliki oleh masyarakat lokal yang mencerminkan warisan budaya dan keindahan Kalsel,” ucap Hanifah.

Selain itu bertujuan mengenalkan dan menggaungkan kain sasirangan secara lebih luas di level nasional dan internasional dengan puncaknya melalui pemecahan 2 REKOR MURI sekaligus, untuk pembentangan kain sasirangan terpanjang dan dengan motif terbanyak di Indonesia ataupun dunia.

“Diperkirakan sepanjang 5.775 M yang akan digelar di komplek perkantoran kantor Gubernur Kalsel, Selain itu juga dilakukan parade carnaval dengan Adi Busana Sasirangan. Untuk melengkapi event ini juga akan dihadirkan wisata kuliner, gelar kerajinan UMKM, dan Edutalk untuk mengenalkan secara lebih dalam Geopark Meratus,” bebernya.

Hanifah menyebut, dari seluruh agenda event Geopark Meratus Great Culture Carnival diharapkan menjadi pelengkap kegiatan Porwanas, sehingga hal ini akan menjadi publikasi yang luas bagi Geopark Meratus sebagaimana keinginan dari Gubernur Kalsel Sahbirin Noor untuk memviralkan Geopark Meratus hingga mampu mendunia.

BACA JUGA: Lanud Syamsudin Noor Diusulkan Naik Tipe, Langit Kalsel Bakal Sering Dilintasi Pesawat Tempur

Kemudian, Komandan Lanud Sjamsudin Noor Kolonel Pnb Sri Raharjo juga sedang mengupayakan agar pada gelaran perayaan Hari Jadi Provinsi Kalsel dapat menghadirkan Jupiter Aerobatic Team TNI AU.

“Perayaan 17 Agustus tahun ini akan dipusatkan di Ibu Kota Negara (IKN) Kaltim, setelah perayaan 17 Agustus, kami akan meminta Jupiter Aerobatic Team TNI AU untuk tinggal selama sehari sebelum nanti kembali ke homebase di Lanud Adisucipto,” ujar Kolonel Sri Raharjo.

Kehadiran Jupiter Aerobatic Team TNI AU pada Hari Jadi Provinsi Kalsel diharapkan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat Banjarmasin, Banjarbaru, dan sekitarnya. Tim aerobatik ini terkenal dengan manuver akrobatiknya yang memukau dan jarang tampil kecuali pada acara-acara tertentu.

“Mudah-mudahan bisa dikolaborasi sehingga Jupiter Aerobatic Team TNI AU bisa tampil di sini, mengingat kita memiliki waktu perencanaan yang terbilang panjang,” tambah Kolonel Sri.

BACA LAGI: HUT ke-78 Korps Brimob, Kapolda Kalsel : Tunjukkan Kerja Nyata untuk Kemajuan Indonesia

Kemudian, Wakil Komandan Satuan Brimob Polda Kalsel, AKBP Alfred Ramses Sianipar mewakili Kapolda Kalsel, menyatakan kesiapannya untuk membantu dan mendukung kelancaran pelaksanaan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Kami siap membantu dan mendukung agar pelaksanaan Hari Jadi Provinsi Kalsel ke-74 dapat berjalan aman, baik, dan tertib,” tegas AKBP Sianipar.

Usai paparan demi paparan dari sejumlah pihak terkait dan beberapa SKPD Kalsel, Sekdaprov. Kalsel, Roy Rizali Anwar, menekankan bahwa rapat lanjutan akan diselenggarakan seminggu setelah ini.

Dalam rapat lanjutan tersebut diharapakan berbagai kesiapan akan dibahas lebih mendalam, dengan harapan segala aspek tinggal menyesuaikan waktunya.

Dengan persiapan yang matang dan kerja sama yang baik dari semua pihak, diharapkan perayaan Hari Jadi ke-74 Provinsi Kalimantan Selatan dapat berlangsung dengan meriah, aman, dan sukses.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.