Waspada! Sudah 5 Pelanggan yang Lapor Kehilangan Meter Air

0

SEJUMLAH meter air milik pelanggan PAM Bandarmasih hilang diambil oleh orang tak dikenal, dalam beberapa kurun waktu terakhir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Supervisor Tunggakkan Pelanggan PAM Bandarmasih, Yuraida, Selasa (14/5/2024). “Sampai dengan hari ini, setidaknya sudah ada 5 pelanggan yang sudah melapor ke PAM Bandarmasin, terkait hilangnya meter air tersebut,” ungkapnya.

“Jadi saat ini itu yang sudah melapor ke kita, mungkin juga bisa masih ada yang belum melapor, seperti rumah kosong atau lama ditinggalkan, jadi tidak tahu kalau meter airnya hilang,” lanjutnya.

Untuk tindak lanjutnya, para pelanggan yang mengalami kehilangan bisa langsung melaporkan hal tersebut ke PAM Bandarmasih, agar dilakukannya pergantian atau pemasangan meter air yang baru.

BACA: Tingkatkan Pelayanan, PAM Bandarmasih Ganti 22 Ribu Meter Air Gratis

Disampaikan Yuraida, para pelanggan juga akan dikenakan biaya pergantian sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Karena pada dasarnya untuk keamanan meter air sendiri merupakan tanggung jawab para pelanggan.

“Namun, PAM Bandarmasih juga akan memberikan kebijakan keringanan biaya pergantian. Yakni apabila pelanggan bisa melampirkan surat laporan kehilangan dari pihak kepolisian,” jelas Yuraida.

“Jadi kalau melampirkan surat tersebut, pelanggan hanya dikenakan biaya sebesar Rp 27.500,” tambahnya.

Yuraida juga memaparkan, untuk meter air yang hilang tersebut, terjadi di beberapa wilayah di Kota Banjarmasin. “Untuk di Banjarmasin Selatan itu ada 1, Banjarmarmasin Utara ada 2, Banjarmasin Barat ada 1, dan Banjarmasin Timur ada 1,” bebernya.

“Kalau untuk modus dan tujuan dari pencurian tersebut, masih belum diketahui secara pasti,” sambungnya.

BACA JUGA: Hingga Agustus 2021, Tercatat 40 Meter Air Hilang

Ia juga menuturkan, tentunya kehilangan tersebut sangat merugikan pelanggan PAM Bandarmasih, karena akan menggangu distribusi air bersih ke pelanggan.

“Selain itu, hal itu juga berdampak kepada PAM Bandarmasih, yang mana akan menyebabkan kehilangan air, karena saat meteran airnya diambil, sementara pipanya tidak di tutup, maka airnya akan mengalir terus,” tuturnya.

“Diharapkan pelanggan bisa memelihara dan menjaga meter air dengan baik, namun tidak juga harus digembok atau ditutupi sepenuhnya, sehingga nantinya dapat mengalangi petugas dalam mencatat pembaca meter air,” imbau Yuraida.

“Kita juga mengimbau agar pelanggan tidak mengizinkan kepada orang-orang yang tidak dikenal, selain petugas PAM Bandarmasih, untuk melakukan sesuatu hal terhadap meter air tersebut, karena kalau petugas kita tentunya pasti akan menggunakan tanda pengenal atau atribut PAM Bandarmasih,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.