Volume Sampah Meningkat, Pasukan Kuning di Kotabaru Bekerja Ekstra di Malam IdulFitri

0

VOLUME sampah yang meningkat jelang lebaran membuat petugas kebersihan di Kotabaru harus bekerja ekstra.

ADI Noryanto, Kepala Bidang Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kotabaru menyebut, volume sampah meningkat signifikan di TPS Pasar Kemakmuran dan TPS Tampekong. “Jenis sampah makanan sangat banyak,” ucap Adi.

Iapun mengimbau masyarakat agar lebih disiplin dan mentaati jadwal dalam membuang sampah ke TPS.

Sementara itu, Kadis Lingkungan Hidup Kotabaru, HM Maulidiansyah mengatakan sejak jauh hari pihaknya sudah melakukan antisipasi terkait lonjakan sampah. “Kami optimalkan seluruh sarana, petugas dan angkutan sampah,” ucapnya.

BACA : Diikuti 50 Stand, Pasar Berkah Ramadhan Dibuka Bupati Kotabaru

Bahkan, sebut dia, Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar langsung yang memantau kondisi kebersihan kota di saat Ramadhan dan menjelang Idulfitri.

“Bupati langsung yang memerintahkan kami untuk bergerak cepat dalam menangani sampah ini. Misalnya saat pawai takbiran, Beliau minta agar pasukan kuning (petugas kebersihan-red) ikut pawai di barisan terakhir untuk sapu bersih. Begitu juga dalam kegiatan Shalat Ied yang biasanya menyisakan kertas-kertas koran bekas,” jelas Maulidiansyah.

Disamping pengerahan petugas, kata dia Dinas LH juga merekayasa jadwal pengangkutan sampah.

“Dari sore menjadi malam hari. Ini karena sampah justru membludak pada malam hari setelah buka puasa dan shalat tarawih,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Jumanti Liany
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.