Marak Beredar Klaim Kemenangan Caleg, KPU Kalsel : Tunggu Hasil Resmi

0

KOMISI Pemilihan Umum Kalsel meminta masyarakat untuk bersabar menunggu hasil dari pesta demokrasi yang telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 lalu.

HAL ini disampaikan komisioner KPU Kalsel, Muhammad Fahmi Failasopa, terkait maraknya hasil perolehan kursi dan nama caleg terpilih di Pemilu 2024 diberbagai lini media sosial.

“Semua pihak baik itu Caleg, tim sukses dan simpatisan untuk tetap bersabar menunggu hasil resmi yang bakal dilakukan KPU secara berjenjang,” ucap Fahmi, Sabtu (2/3/2024).

BACA : Didominasi Wajah Baru, Ini Caleg Terpilih DPRD Kalsel Dapil 7

Ia menegaskan, hingga saat ini belum ada penetapan secara resmi dari KPU kab/kota atau KPU Provinsi untuk pafra caleg yang bertarung di pesta demokrasi 14 Februari lalu sebab semua harus melalui mekanisme rekapitulasi.

Fahmi tak mempersoalkan klaim kemenangan antar parpol ataupun para caleg di Pemilu 2024. Namun, penetapan hasil perolehan suara yang berhasil duduk di parlemen tetap melalui pleno rekap di KPU.

“Soal klaim, itu sah-sah saja. Sebab masing-masing parpol maupun caleg punya saksi dan tim yang mengantongi C-HASIL . Tetapi finalnya tetap melalui proses pleno,” ungkapnya.

BACA JUGA : Beredar 45 Nama Caleg DPRD Banjarmasin Terpilih, Ini Respon KPU 

Ia menjelaskan, rekap tingkat kecamatan, berdasarkan jadwal paling lambat selesai pada 3 Maret 2024. Sedangkan rekap tingkat Kabupaten dilakukan setelah pleno Kecamatan selesai secara menyeluruh dan tingkat provinsi pada 6, 7, 8 dan 9 Maret 2024.

Ia menambahkan, pelaksanaan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 tertuang di Peraturan KPU Nomor 5 Tahun 2024. Petunjuk pelaksanaannya juga diatur melalui keputusan KPU Nomor 219 Tahun 2024.

“Jadi saat ini semua masih dalam proses rekapitulasi sampai penetapan hasil sesuai dengan mekanisme yang telah diatur. Sekali lagi kita harap semua bersabar menunggu hasil tersebut,” pungkasnya(jejakrekam)

Penulis Asykin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.