Ciptakan Pelayanan Terpadu, Pemkab Tanbu Bangun MPP

0

BUPATI HM Zairullah Azhar berupaya melakukan optimalisasi dalam pelayanan publik.

BERBAGAI program dan kegiatan yang melahirkan produk pelayanan publik berbasis kemudahan. Memaksimalkan kualitas pelayanan publik secara prima, Zairullah Azhar kembali membuat terobosan jitu pada Tahun 2024.

BACA JUGA: Diskominfo SP Tanbu Gelar Bimtek Kesiapsiagaan Penanganan…

Program jitu tersebut yaitu dengan menciptakan pelayanan terpadu satu pintu secara terpusat dalam satu gedung bernama Mall Pelayanan Publik (MPP).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Tanbu, Andrianto Wicaksono membenarkan terkait rencana pembangunan gedung MPP.

“Pak Bupati (Zairullah Azhar) ingin memberikan pelayanan berbasis kemudahan secara optimal bagi warga Bumi Bersujud,” ucapnya di Kantor DPMPTSP Pemkab Tanbu, Kamis (16/11/2023).

BACA JUGA: Pemkab Tanbu Bahas RPKP Agropolitan

Kini, tambahnya, pelayanan publik baik dari Pemkab Tanbu maupun instansi pemerintah lainnya masih terpisah hingga belum memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Pak Bupati ingin semua pelayanan publik di satu area agar masyarakat tidak bolak balik saat mengurus apa pun,” ujarnya.

Andrianto memastikan di Mall Pelayanan Publik (MPP) sedikitnya ada 40 loket pelayanan dari instansi Pemkab Tanbu maupun instansi pemerintah provinsi dan pusat.

BACA JUGA: FGD Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri Digelar…

“Di MPP, salah satu pelayanan pemerintah daerah seperti loket pelayanan pendaftaran izin mendirikan bangunan (IMB) dari Dinas PMPTSP,” bebernya.

Selain itu, pelayanan lain seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil), Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian.

“Di sana mau mengurus e-KTP, kartu keluarga dan akta lahir ada loket Dispendukcapil. Kemudian, instansi pemerintah daerah lain juga ada loket pelayanannya,” katanya.

BACA JUGA: Apresiasi Diskominfo Kalsel untuk Terbentuknya CSIRT Tanbu

Pelayanan publik lainnya, loket dari Kantor Urusan Agama (KUA) untuk pendaftaran pernikahan. “Kantor Imigrasi bagi warga yang ingin mengurus parport juga ada loket pelayanannya di MPP,” paparnya.

Kemudian, sejumlah Perbankan seperti Bank Kalsel, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan lain-lain. Gedung MPP Dibangun Tahun 2024, Pemkab Tanbu Alokasikan Rp 20 Miliyar

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Tanbu, Hernadi Wibisono melalui Kepala Bidang Bina Cipta Karya setempat, Amruddin memastikan, kini untuk Pembangunan Mall Pelayanan Publik masih dalam tahap pembuatan RAB dan design gambar oleh konsultan perencana. “Masih tahap ekspose lamporan antara perencanaan,” tandasnya.

BACA JUGA: BPBD Tanbu Imbau Waspadai Potensi Banjir Air Laut Pasang

Setelah ini tahapan ini, sambungnya, asistensi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) RI.

Menpan-RB RI kemudian melakukan verifikasi lokasi dan design bangunan untuk uji kelayakan. “Aturannya memang seperti itu, setelah dapat rekomendasi dari Menpan-RB RI baru bisa lanjut proses pembangunan dan pengoperasian MPP,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin/Diskominfo
Editor Afdi Achmad

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.