Gerak Cepat, Tim Elang Darat Padamkan Titik Api Di Sungai Tiung

0

TITIK api muncul dan tidak dapat diprediksi waktu dan tempatnya. Seperti yang terjadi di kawasan Sei Tiung, Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru. Kawasan hutan dan lahan terbakar tiba-tiba, hingga mengancam kawasan sekitarnya, pada Kamis (5/10/1023).

TIM Elang Darat Karhutla yang mendapat laporan kebakaran hutan dan lahan, bergerak cepat menuju kawasan Sei Tiung. Dengan membawa mobil tangki air serta peralatan lainnya, pasukan langsung terjun ke lokasi kebakaran.

Setiba di lokasi, api yang berkobar cepat karena faktor angin, membuat tim secara cepat dan bergotong royong menyemprotnya. “Ayo terus kita padamkan. Sekarang sisi sebelah sana,” komando Febry, Ketua pasukan Elang Darat Karhutla.

BACA: Paman Birin Pimpin Pasukan Elang Darat Cegah Titik Api Karhutla

Butuh waktu hampir 1 jam, kobaran api yang terus menyasar semak belukar berhasil dipadamkan. Pasalnya, bila terlambat kobaran api akan semakin luas menjalar. “Alhamdulilah. Kobaran api berhasil kita padamkan. Kita terus siaga dengan menunggu beberapa waktu, kuatir nanti menyala lagi,” kata Febry.

Pasukan Elang Darat Karhutla yang diprakasai Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin, disiapkan khusus untuk membantu upaya pencegahan karhutla. Terlebih lagi, pada saat ini titik api terus bermunculan pada beberapa kawasan.

Selain turut memadamkan titik api, Elang Darat Karhutla juga melakukan upaya pembersihan rumput hingga akar-akar semak belukar yang berpotensi rawan kebakaran.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.