Jelang Perubahan Status Satpam Non ASN, Disnaker Tabalong Akan Gelar Pelatihan

0

SEBAGAI upaya untuk meningkatkan profesionalisme dan kompetensi Satpam Non ASN di Kabupaten Tabalong, Dinas Tenaga Kerja setempat akan menggelar pelatihan dasar dan sertifikasi kepada satuan keamanan Non ASN yang saat ini sudah bertugas ditiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tabalong.

KEPALA Dinas Tenaga Kerja Tabalong Herwandi mengatakan, pelatihan dan sertifikasi ini rencananya akan digelar dari tanggal 5 hingga 19 Oktober 2023 mendatang. Pelatihan dasar ini dilakukan untuk menghadapi perubahan signifikan dalam status tenaga Satpam Non ASN menjadi tenaga outsourching.

“Kami mengakui pentingnya meningkatkan kualitas dan profesionalisme Satpam Non ASN di Kabupaten Tabalong,” ujar Herwandi, Jumat (8/9/2023).

BACA: Turunkan Tingkat Pengangguran Terbuka, Pemkab Tabalong Luncurkan Inovasi Bengkel Sahabat

Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan profesionalisme tenaga satpam terhadap perubahan statusnya. “Perubahan status tenaga satpam ini akan terjadi tahun depan, dengan memberikan pelatihan dan sertifikasi, kami berharap mereka akan dapat memenuhi persyaratan yang diperlukan, dan siap untuk menjalani status baru sebagai tenaga outsourching,” bebernya.

Pelatihan dasar dan sertifikasi Satpam ini akan mencakup berbagai aspek keamanan, termasuk taktik, teknik komunikasi, penanganan situasi darurat, dan pemahaman terkait regulasi keamanan yang berlaku di Kabupaten Tabalong.

“Dalam pelatihan ini, kami akan mendatangkan instruktur-instruktur yang berpengalaman, yang akan memberikan materi pelatihan sesuai dengan standar yang berlaku,” jelasnya.

Peserta lanjutnya akan mengikuti pelatihan hingga sertifikasi, dan mereka yang berhasil akan mendapatkan sertifikat Satpam Gada Pratama yang sah secara hukum. “Sertifikat inilah yang akan menjadi syarat penting dalam pengalihan status menjadi tenaga outsourching di SKPD,” bebernya.

Diharapkan, kegiatan pelatihan dan sertifikasi Satpam Non ASN ini akan memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan profesionalisme dan kualifikasi para Satpam, sehingga mereka dapat terus memberikan kontribusi yang berarti dalam menjaga keamanan dan ketertiban diberbagai SKPD di Kabupaten Tabalong.

Dinas Tenaga Kerja Tabalong mengajak semua pihak terkait untuk mendukung kegiatan ini demi meningkatkan kualitas layanan keamanan dan kesejahteraan para Satpam Non ASN di daerah ini

BACA JUGA: Tekan Pengangguran, 250 Orang Ikut Pelatihan Pemagangan Dalam Negeri

Dalam kegiatan ini, Disnaker telah menganggarkan biaya kontribusi pelatihan dan sertifikasi untuk Satpam Non ASN yang ada di SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tabalong. “Bagi mereka yang memenuhi persyaratan, akan dapat mengikuti pelatihan dan sertifikasi ini,” ucapnya

Dan pihaknya berharap Kepala SKPD untuk dapat mendukung kegiatan tersebut dengan membantu biaya transportasi mereka menuju asrama tempat pelatihan di Banjarbaru. “Untuk biaya akomodasi dan konsumsi sudah termasuk dalam biaya kontribusi tersebut,” kata Herwandi.

Kegiatan pelatihan dan sertifikasi Satpam Gada Pratama ini sendiri akan bertempat di Asrama SLB-C Negeri Pembina Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Hery
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.