Bank Kalsel dan Bangun Banua Berkolaborasi Sejahterahkan Petani Lokal

0

KOMISI II DPRD Kalsel menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan beberapa Badan Usaha Milik Darah (BUMD) terkait Rancangan dan Capaian Program di Tahun 2023, Senin (10/7/2023).

DIREKTUR Bank Kalsel Fachrudin mengatakan, dalam satu tahun belakangan ini Bank Kalsel meluncurkan program yang menigkatkan perekonomian petani lokal.

“Terkait dengan gabah, kami sudah menjalankan Program Resi Gudang yang berada di Puntik dan Anjir Pasar. Ini terus kita tingkatkan, karena pelaksanaan nya tidak melalui bank, tetapi melalui PT. Bangun Banua,” kata Fachrudin.

BACA : GNPIP 2023: Inovasi Budidaya Pertanian Terintegrasi Tingkatkan Ketahanan Pangan Strategis Kalsel

Sementara itu, M Bayu Budjang, Direktur Bangun Banua menjelaskan kerjasama nya dengan Bank Kalsel guna pengoptimalan penjualan yang tepat sasaran saat dilapangan.

“Kita membeli gabah dari petani dan dikemas, dan selanjutnya kita jual. Ini salah satu upaha kita dalam meningkatkan PAD dan menekan inflasi agar stok pangan dapat tercukupi,” tutur Bayu.

Ketua Komisi II Imam Supastowo menanggapi bahwa ini kesempatan yang bagus dalam agar para petani tidak kecewa dengan harga .

“Pemerintah menetapkan harga gabah 4.500. Bangjn banua berani membeli dengan harga 6.000. Sehingga petani yang awalnya menyimpan gabahnya, itu bisa dijual karena harga memadai. Saya harap bangun banua kedepannya tidak hanya membeli gabah tapi bisa mengemas. Menjual hasil pertanian ini dalam bentuk kemasan,” ujar Politisi PDI-P tersebut.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.