Jaga Sistem Kearsipan Daerah, Pj Bupati Batola Mujiyat Resmi Luncurkan Aplikasi Srikandi

0

SISTEM Aplikasi Srikandi yang berakronim sistem informasi, kearsipan, dinamis dan berintegrasi dilaunching oleh Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola) Mujiyat.

PELUNCURAN Aplikasi Srikandi ini juga dibarengkan dengan Tanda Tangan Elektronik (TTE) dan Pencanangan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) di Aula Selidah, Pemkab Batola, Marabahan, Selasa (13/6/2023).

Peluncuran aplikasi Srikandi berbasis elektronik atau digital ini instrumen pengelolaan arsip dinamis berdasar Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Aplikasi ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

BACA : Terkait Penataan Kerasipan, DPRD Batola Kunjungi Dispersip Balangan

Saat peluncuran, Pj Bupati Batola Mujiyat didampingi Sekda Kabupaten Zulkipli Yadi Noor, Analisis Kearsipan Provinsi Kalsel, Muhammad dan kepala SKPD dan para camat, saat menandatangani komitmen bersama.

“Bismillahhirahmannirrohim pada hari Selasa 13 Juni 2023 Aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yaitu Srikandi saya nyatakan secara resmi dilaunching dan Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip (GNSTA) juga dijalankan dan menerapkan Tanda Tangan Elektronik guna terciptanya percepatan pembangunan di Bumi Ije Jela,” kata Mujiyat.

Aplikasi Srikandi diharapkan Pj Bupati Mujiyat sebagai aplikasi yang mampu mengakomodir dan mempercepat waktu birokrasi.

BACA JUGA : Penjabat Bupati Barito Kuala: Saya Siap Menjadi Role Model Bagi Bupati Batola Terpilih

“Selain memudahkan pelayanan kepada masyarakat dalam hal pengadministrasian, dengan menggunakan tanda tangan elektronik, kita juga telah menjalankan prinsip Keamanan dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yaitu terkait kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan (non-repudiation),” papar pejabat Pemprov Kalsel ini.

Karena itu, Mujiyat mengapresiasi upaya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Batola dengan adanya peluncuran aplikasi Srikandi. “Teriring harapan bahwa seluruh kepala SKPD dan camat dapat menggunakan TTE ini nantinya,” kata Mujiyat.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.