Tutup Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD, Ini Pesan Pangdam VI Mulawarman  

0

SUASANA haru penuh bangga hiasi upacara Penutupan Pendidikan Pertama Tamtama TNI AD Gel II TA 2022, Jumat (14/4/2023) pukul 16.30 WITA.

UPACARA yang dikomandani oleh Panglima Komandan Daerah Militer VI Mulawarman Mayor Jendral TNI Tri Budi Utomo di Lapangan Kejujuran Rindam VI/Mulawarman ini telah melantik sebanyak 173 prajurit yang telah selesai melaksanakan pendidikan.

Panglima Komandan Daerah Militer VI Mulawarman Mayor Jendral TNI Tri Budi Utomo menuturkan pendidikan yang diikuti 173 peserta didik itu diselenggarakan selama 5 bulan, dengan pelajaran baik itu ilmu pengatahuan dan keterampilan dasar keprajuritan TNI.

BACA : Tempuh Jarak 15 Km, 2.500 Pesepeda Meriahkan Fun Bike HUT TNI Gelaran Rindam VI Mulawarman

“Selain itu para mantan siswa juga dibentuk sikap dan perilaku sehingga menyesuaikan diri dengan pola kehidupan dan etika seorang Prajurit TNI,” tuturnya.

Dengan itu, Mayor Jendral Tri Budi Utomo berpesan kepada seluruh prajurit yang baru dilantik untuk menjalankan tugasnya sebagai prajurit TNI dengan baik dan benar, sesuai dengan janji yang telah diucapkan.

“Yang pertama saya berpesan terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa sesuai ajaran agama masing-masing agar dalam setiap melaksanakan tugas terhindar dari berbagi kesulitan dan hambatan,” ucapnya.

Kemudian, kedua Pedomani dan aplikasikan Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI dalam menjalankan tugas dan kehidupan sehari-hari baik di satuan maupun di lingkungan masyarakat.

BACA JUGA :  HUT TNI ke-77, Gubernur Kalsel Sebut Sinergitas Pemda dan TNI Terjalin Baik 

“Ketiga selalu menyayangi diri dan keluarga dengan menghindari semua bentuk pelanggaran, baik pelanggaran disiplin maupun pidana yang dapat merusak nama baik dirimu, keluargamu maupun citra TNI AD,” tuturnya lagi.

Terakhir, Mayor Jendral Tri Budi Utomo berpesan untuk selalu budayakan belajar dan berlatih dimanapun bertugas dan berada untuk mewujudkan profesionalisme sebagai seorang prajurit yang bisa dibanggakan.

“Selalu menjadi prajurit kebanggaan TNI AD dalam setiap melaksanakan tugas, niatkan dengan tulus, karena setiap tugas yang kalian laksanakan merupakan bagian dari ibadah kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa,” pungkasnya.

Dari pantauan jejakrekam.com di lapangan, usai pelantikan, prajurit yang dikunjungi keluarganya langsung menangis dan memeluk keluarga tercintanya dengan penuh haru. Menjawab kerinduannya untuk bertemu dengan keluarga tercinta.

Nampak dari salah satu Prajurit Tamtama asal Kalimantan Utara Martinus yang baru saja dilantik, menyatakan dirinya sangat bangga karena telah berhasil melalui lika-liku pendidikan dan telah dilantik secara resmi menjadi prajurit TNI AD.

BACA LAGI :  Simulasi Penanganan Teroris di HUT TNI ke-77 Membuat Gubernur Kalsel Takjub

“Tentunya saya bersyukur karena telah selesai melaksanakan pendidikan ini, dan bisa bertemu dengan keluarga, meskipun kali ini yang datang hanya ayah saya, karena ibu sudah tua sehingga tidak dapat menghadiri acara penutupan pendidikan ini,” ucapnya penuh haru.

Martinus mengatakan akan menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai prajurit TNI dan juga menepati janji dan sumpah prajurit.

“Saya akan menjalankan sumpah dan janji sebagai prajurit TNI, dan menjalankan tugas dengan baik dan benar. Saya juga berterimakasih kepada orang tua saya yang tak hentinya mendoakan dan merestui perjuangan saya menjadi seorang prajurit TNI AD,” pungkasnya

Sekadar diketahui, dalam upacara penutupan turut dihadiri Wakil Walikota Banjarbaru Wartono dan Ketua DPRD Banjarbaru Fadliansyah Akbar.

Usai melaksanakan upacara penutupan pendidikan, Rindam VI/Mulawarman turut menghelat buka puasa bersama sekaligus melaksanakan sholat magrib berjamaah sebagai bentuk syukuran terselenggaranya Tupdikmata TNI AD Gel II TA 2022.(jejakrekam)

Penulis Sheilla Farazela
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.