Program Satu Desa Satu Bidan Masih jadi Perhatian Komisi IV DPRD Kalsel

0

KOMISI IV DPRD Kalsel melaksanakan rapat kerja bersama Dinkes Kalsel dan UPTD tentang rencana realisasi program kegiatan tahun anggaran 2023 dan rencana kerja tahun anggaran 2024.

DALAM rapat tersebut, Wakil Ketua Komisi IV, Gina Mariati, kembali “memanahkan” persoalan Program Satu Desa, Satu Bidan. Menurutnya, program tersebut masih belum terealisasi karena faktanya masih banyak desa di Kalsel yang tidak memiliki bidan.

“Saya ingin kembali mempertanyakan mengenai bidan, Program Satu Desa Satu Bidan, yang bahkan masih ada desa yang belum memiliki bidan,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, dr. Diauddin, mengatakan pihak Dinkes sudah mengusulkan untuk bantuan tenaga kontrak. “Kami sudah mengusulkan melalui surat sejak tanggal 12 Januari kemarin untuk pengangkatan tenaga kontrak ke Kementerian untuk mengisi bidan yang belum ada untuk Program Satu Desa Satu Bidan, tapi belum ada balasan,” tandasnya.

BACA : Bidang Lingkungan Hidup Dedikasi Merak Merah Bantu Infrastruktur Di Desa Halong

Ketua Komisi IV, HM. Lutfi Saifuddin mengatakan hal tersebut perlu ditindaklanjuti. “Kita masih memerlukan banyak sekali tenaga kontrak di bidang kesehatan sehingga ini perlu nanti ditindaklanjuti dengan adanya kunjungan bersama antara dinkes provinsi dengan Komisi IV dan bersama-sama kita ingin memperjuangkan untuk mencari solusinya ke Kementerian Kesehatan di Jakarta,” ujarnya.

Lutfi juga mempertanyakan terkait usulan aplikasi Kalsel sehat yang dipromotori oleh Komisi IV, namun pihak Dinkes mengatakan bahwa pusat telah membuat aplikasi serupa.

BACA JUGA : Selama Ramadhan Laboratorium Kesehatan Kalsel Tetap Berikan Layanan Prima

“Sebetulnya kita terlebih dahulu mengusulkan, tapi karena mungkin belum ada tindak lanjut, akhirnya saat ini sudah ada Aplikasi Satu Sehat dari Kementerian Kesehatan. Namun ini tentu sebetulnya berbeda dengan maksud kami kemarin terkait usulan ini. Ada hal-hal yang tentunya mungkin masih bisa kita upayakan agar kita bisa meningkatkan PAD melalui aplikasi khusus masalah kesehatan ini, bukan hanya bergantung pada aplikasi yang dikeluarkan oleh pusat,” ujarnya.

Sementara, Balai Kesehatan Olahraga Masyarakat (BKOM) mengeluhkan sarana dan pra sarana yang dirasa cukup memprihatinkan akibat kurangnya pemeliharaan Kepada wakil rakyat Komisi IV, BKOM menjelaskan keadaan sarana di BKOM.

“Ruang futsal kita rusak parah, mudah-mudahan dengan diperbaiki itu bisa meningkatkan PAD kita. Bangunan kami lantai dan dinding hancur, atap bocor bahkan terkadang sampai banjir, gedung senam runtuh di sebelah kanan,” jelas Kepala BKOM Kalsel, Sucilianti Akbar.

BACA JUGA : Kadis Kesehatan Kalsel dan Direktur RSJ Dukung PJT di RSUD Ulin

Ia juga menyampaikan bahwa BKOM telah melakukan MoU dengan 9 instansi agar jika instansi tersebut ingin melakukan pemeriksaan kebugaran kesehatan, dapat melakukannya di BKOM.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi IV, Wahyudi Rahman, akan mengundang Bappeda serta bertolak ke Kemenkes. “Bappeda nanti harus dihadirkan juga mana curhatan-curhatan ini bisa terakomodir oleh Bappeda. Kalau perlu nanti kita ke Kemenkes,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Humas DPRD Kalsel
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.