Rumah Singgah Baiman Dilengkapi Posyandu Jiwa, Ada 57 Penghuni ODGJ Tengah Dirawat

0

RUMAH Singgah Baiman, Jalan Gubernur Soebardjo Nomor 26, Kelayan Selatan, Banjarmasin Selatan kini dilengkapi Posyandu Kesehatan Jiwa Baiman.

RUMAH Singgah Baiman yang dimanfaatkan untuk menampung orang dalam gangguan jiwa (ODGJ), pengemis, gelandangan dan anak jalan ini dikelola Dinas Sosial Kota Banjarmasin.

Walikota Ibnu Sina meresmikan Posyandu Jiwa Baiman didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dr H Ramadhan, Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin, Dolly Syahbana dan Camat Banjarmasin Selatan, Firdaus pada Selasa (10/10/2022).

“Posyandu Jiwa Baiman ini merupakan terobosan Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin. Jika selama ini posyandu kebanyakan untuk layanan kesehatan bagi balita dan lansia. Kali ini bisa melayani ODGJ,” tutur Ibnu Sina, usai memotong pita warna biru.

BACA : Walikota Ibnu Sina Pastikan Penderita ODGJ Di Kota Banjarmasin Tertangani Dengan Baik

Menurut dia, pada tahun 2023, keberadaan Posyandu Jiwa Baiman ini akan dibangun permanen berdampingan dengan Rumah Singgah Baiman.

“Nantinya, Posyandu Jiwa Baiman ini akan dilengkapi poli kesehatan, sehingga bisa membantu para penderita ODGJ,” kata Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel ini.

Usai meresmikan Posyandu Jiwa Baiman, Walikota Ibnu Sina berkeliling melihat fasilitas yang ada, termasuk berbincang dengan para pasien ODGJ yang menjadi penghuni rumah singgah.

BACA JUGA : Tekanan Hidup Akibat Pandemi, Jumlah ODGJ di Banjarmasin Meningkat Tajam

Petugas Rumah Singgah Baiman, Nunuk mengakui sudah ada pasien ODGJ yang telah sembuh. Namun, saat hendak diserahkan ke pihak keluarga, justru terjadi penolakan. Padahal, penghuni Rumah Singgah Baiman itu sudah tinggal sejak 2013.

Sebagai perawat, Nunuk mengungkapkan fasilitas yang ada di Posyandu Jiwa Baiman ada ruang rawat inap. Saat ini, ada 63 pasien yang menghuni Rumah Singgah Baiman. Terdiri dari 57 penderita ODGJ, dan sisanya 5 orang terlantar. “Untuk penanganan pasien, kami juga dibantu petugas dari Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin,” ucap Nunuk.

BACA JUGA : Rumah ODGJ Diserahkan Wahyu Sudah Bisa Pulang Sendiri

Sementara itu, Kepala Dinkes Banjarmasin Ramadhan mengungkapkan dengan adanya Posyandu Jiwa Baiman, maka pelayanan kepada para penghuni Rumah Singgah, termasuk pasien ODGJ bisa lebih optimal.

“Apalagi, saat ini, banyak keluhan dari warga Banjarmasin soal berkeliarannya ODGJ. Mereka seperti terlantar, kalau tidak ada kepedulian, siapa lagi yang mau membantu mereka,” ucap Ramadhan.

BACA JUGA : Pemakai Narkoba di Kalsel Meningkat, RSJ Sambang Lihum Siap Buka Layanan Rehabilitasi

Dia memastikan posyandu ini akan segera dilengkapi dengan poli kesehatan jiwa seperti yang diinginkan Walikota Ibnu Sina. “Dengan adanya perawatan intensif terhadap ODGJ, tingkat kesembuhan akan lebih tinggi,” kata Ramadhan.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/2022/10/11/rumah-singgah-baiman-dilengkapi-posyandu-jiwa-ada-57-penghuni-odgj-tengah-dirawat/,dimana rumah singgah di Banjarmasin
Penulis Sirajuddin

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.