Walikota Ibnu Sina Pastikan Penderita ODGJ Di Kota Banjarmasin Tertangani Dengan Baik

0

PEMERINTAH Kota Banjarmasin, melalui Dinas Kesahatan menggelar kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa (Jamkeswa) Sedunia yang ke-3 tahun 2022, Senin (10/10/2022).

KEGIATAN dengan tema ‘Pulih Bersama Generasi Sehat Jiwa’ berlangsung di Hotel Rattan Inn Banjarmasin. Dibuka langsung oleh Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina, dan turut dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Machli Riyadi, Kepala Dinas Kesehatan M Ramadhan serta jajaran terkait.

H Ibnu Sina mengucapkan selamat Hari Kesehatan Jiwa sedunia yang juga dilaksanakan dengan kegiatan Jambore Kesehatan Jiwa. “Penting untuk diketahui oleh masyarakat, bahwa sejak tahun 2019 Kota Banjarmasin sudah mendikler bebas pasung, artinya kebanyakan penderita sakit jiwa atau orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) kadang-kadang bisa mengganggu juga ke masyarakat,” ujarnya.

BACA: Tekanan Hidup Akibat Pandemi, Jumlah ODGJ di Banjarmasin Meningkat Tajam

Di tahun 2019, pihaknya sudah bekerjasama dengan Dewan Kelurahan se-Banjarmasin, memastikan bahwa tidak ada ODGJ yang berkeliaran, khususnya di Kota Banjarmasin.

Maka dari itu, H Ibnu Sina menyampaikan ODGJ yang berkeliaran harus ditangani dengan sebaik-baiknya dan tidak ada lagi yang dipasung, serta harus ada pendekatan oleh pihak keluarganya. “Itu harus dirawat di Rumah Sakit Jiwa,” ungkapnya.

H Ibnu Sina menjelaskan, data ODGJ yang tertangani sampai tahun 2021 di Banjarmasin ada 1.442 orang, bahkan sebagian ada yang telah sembuh.

“Kita mengimbau kepada masyarakat yang melihat ODGJ segera melaporkan. Bagi keluarga yang ada ODGJnya, agar tidak dipasung, tapi dirawat di rumah sakit atau puskesmas, sehingga kemudian mudah-mudahan dia bisa sembuh,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis ph-setdabjm
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.