Tanggapi Pengajuan Anggaran Perubahan, DPRD Balangan Berikan Masukan

0

MENINDAKLANJUTI anggaran perubahan 2021 yang diajukan oleh Pemkab Balangan, DPRD Balangan mengelar rapat Paripurna dengan agenda penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Kabupaten Balangan.

SEJUMLAH fraksi turut memberikan pandangan umumnya terhadap perubahan raperda APBD tersebut. Salah satunya fraksi Partai Golkar DPRD Balangan, Bahrul Ilmi, menyampaikan dalam melakukan perubahan APBD harus selalu memperhatikan azas dan tetap memprioritaskan hal-hal untuk pembangunan demi kemajuan daerah.

Selain itu Supianor dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Balangan, juga turut memberikan dukungan penuhnya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan lebih maju.

Supianor mengatakan, Perubahan APBD ialah penyesuaian Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Daerah dalam tahun berjalan.

“Tujuan Penyusunan Perubahan APBD untuk administrasi dalam tata kelola keuangan daerah serta teranggarkannya Pendapatan, Belanja dan Pembiayaan Daerah serta di iringi dengan kualitas manajemen pengelolaan keuangan daerah yang baik,”ujar Supianor.

Ia juga menjelaskan, fungsi anggaran dalam bentuk APBD memiliki beberapa aspek diantaranya sebagai anggaran daerah yang menjadi dasar untuk melaksanakan pendapatan dan belanja setiap tahun anggaran, sebagai perencanaan yang menjadi pedoman dalam melakukan perencanaan kegiatan.

“Dalam kesempatan ini, kami dari fraksi PPP DPRD Kabupaten Balangan mengharapkan agar Raperda ini dapat dibahas secara lebih rinci bersama DPRD dan SKPD Pemkab Balangan,” harapnya.

Sementara itu penyampaian yang di berikan oleh Fraksi Golkar DPRD Balangan Bahrul Ilmi memaparkan, Pemerintah daerah adalah  sebagai instrumen untuk menciptakan kesejahteraan  rakyat.

“kiranya  dalam melakukan perubahan ABPD  harus terus memperhatikan asas, fungsi serta prinsip dan fungsi otorisasi, perencanaan, pengawasan, alokasi dan distribusi terlebih karena kita masih menghadapi masa Pandemi Covid -19,” bebernya.

Selain itu, Bahrul juga menyampaikan, keuangan daerah harus terus dikelola secara tertib, efisiensi, ekonomis, efektif, transparan, dan akuntabel dengan berkeadilan serta taat asas guna pemerataan dan manfaat secara optimal bagi masyarakat Kabupaten Balangan.

“Kita mengharapkan dalam penyusunan perubahan APBD Tahun Anggaran 2021 ini, tetap perlu dilakukan penataan prioritas program yang benar-benar urgent,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.