Komisi I DPRD Kalsel Laksanakan Kunker ke Balangan

0

KOMISI I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel yang membidangi hukum dan pemerintahan lakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan. Bertempat di aula Benteng Tundakan, Selasa (22/06/2021).

ROMBONGAN DPRD Prov Kalsel yang dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Prov Kalsel, Syaripuddin, menyampaikan maksud dan tujuan kedatangannya beserta jajaran untuk melakukan studi terkait dengan pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) dan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

“Terkait kunjungan teman-teman Komisi I yang membidangi hukum dan pemerintahan, terutama melakukan studi komparasi terkait penyampaian dan pembahasan LKPJ dan LPPD yang dilakukan oleh temen-temen di Kabupaten Balangan ,” ucapnya.

Selanjutnya berdiskusi mengenai masukan-masukan pihak eksekutif di Kabupaten Balangan, tambah Syaripuddin.

Salah satu masukan yang dibahas adalah mengenai penataan aset daerah. Untuk tindaklanjut dari Komisi I, Syaripuddin mengatakan di provinsi pihaknya sudah melakukan cara atau gagasan agar aset tertata dengan baik.

“Sehingga dalam hal penataan ini, sama saja,” tegasnya.

Namun hal menarik lainnya, Ucap Syaripuddin, setelah berkunjung ke kabupaten kota, teman-teman mengharapkan adanya reward untuk LKPD atau LPPD. “Kalau nilainya tinggi terus apa rewardnya,” ungkapnya.

“Kalau yang lain kan dapat rewardnya, seperti kabupaten kota ada inovasi atau apa, dia mendapat insentif daerah, terus Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP), dia juga mendapatkan,” jelasnya.

Syaripuddin mengatakan pihaknya akan mencoba berkomunikasi dengan pemerintah provinsi, selanjutnya dengan kementerian karena domainnya diprovinsi dan kementerian.

Kedatangn DPRD Prov Kalsel yang disambut oleh Wakil Bupati Balangan, Supiani juga menyampaikan dua inovasi daerah yang digagaskan di Kabupaten Balangan.

Mengenai santunan sosial kematian yang diserahkan pada hari meninggal dunia dan program dokter keliling untuk mendatangi masyarakat yang tidak mampu datang berobat ke puskesmas atau rumah sakit. Selanjutnya pemaparan materi mengenai LKPJ dan LPPD oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.