Jelang Purna Tugas, ASN Pemkab Balangan Diberi Ilmu Kewirausahaan

0

PEMKAB Balangan bersama PT Taspen dan Bank Mandiri Taspen, memberikan sosialisasi tentang Taspen serta pembekalan kewirausahaan kain sasirangan bagi ASN yang akan memasuki masa purnatugas tahun 2023. Bertempat di Aula Benteng Tundakan, Rabu (23/6/2021).

HAL ini untuk memberikan wawasan kepada PNS, terkait apa saja yang harus dilakukan setelah ASN tersebut pensiun, termasuk pengurusan tabungan pensiun dan mempersiapkan diri agar mempunyai alternatif, serta berani mengambil keputusan untuk melakukan aktivitas yang positif.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Balangan, Yuliansyah, atas nama pemerintah daerah menyampaikan apresiasi dalam terlaksananya agenda kegiatan ini, untuk peningkatan pengetahuan khususnya bagi ASN yang akan memasuki purnatugas di Kabupaten Balangan.

Yuliansyah mengatakan, pembekalan ini sangatlah penting dan banyak sekali memberikan wawasan kepada ASN, utamanya dalam menciptakan lapangan kerja serta mengangkat roda perekonomian daerah.

“Kami pribadi sangat mengapresiasi karena pembekalan ini sangat baik bagi ASN yang akan masuk purna tugas. Karena itu alangkah baiknya kalau mereka sebelum memasuki masa pensiun sudah ada kegiatan yang siap dikerjakan setelah masa purna tugas nanti,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BKPPD Kabupaten Balangan, Sufriannor menjelaskan, dalam hal ini Pemkab Balangan bekerja sama dengan PT Taspen dan Bank Mandiri Taspen, untuk memberikan pembekalan agar ASN yang purnatugas tidak terkejut apabila memasuki masa pensiun.

“Setelah pensiun mungkin ASN gajinya akan berkurang karena tidak memiliki tunjangan lagi, sehingga dengan adanya pembekalan ini para ASN bisa mengembangkan usaha-usaha yang akan dilakukan setelah pensiun,” ungkap dia.

Terpisah salah satu ASN yang akan memasuki purnatugas, turut menanggapi dengan pembekalan yang sudah diterimanya ini. Ke depan ungkap Ernawati, dirinya akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengisi kegiatan pada masa pensiun.

“Kami berusaha untuk menambah pendapatan karena setelah pensiun kan otomatis pendapatan kita berkurang jadi dengan adanya pembekalan kewirausahaan ini dapat menambah penghasilan seperti membuka usaha pembuatan sasirangan, hidroponik maupun usaha lainnya,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.