2.468 Personel Gabungan Dikerahkan Amankan PSU Pilgub Kalsel

0

POLDA Kalsel melaksanakan Apel Kesiapan dan Pergeseran Pasukan, dalam rangka Pengamanan PSU Pilgub Kalsel, di Lapangan Polri kilometer 21 Banjarbaru, Senin (7/6/2021).

DIPIMPIN Penjabat Gubernur Kalsel, Safrizal ZA, bersama Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto, serta Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah dan turut dihadiri personel Polri, TNI, Satpol PP, Damkar dan BPBD.

Safrizal mengatakan dalam rapat yang digelar beberapa waktu lalu, segala kesiapan oleh KPU yang ada di TPS yang melaksanakan PSU semuanya sudah siap, baik itu logistik maupun petugas yang sudah ditraining dan bimtek.

BACA: Jelang PSU, Paslon Diminta Menebar Kesejukan, Stop Provokasi dan Kampanye Hitam

Selain itu apel gelar pasukan hari ini adalah untuk mengecek kesiapan terakhir personel gabungan. Setelahnya, pasukan akan bergeser ke tempat-tempat tugas dalam rangka membantu mengamankan tempat pemungutan suara.

Dalam kesempatan ini Safrizal mengimbau kepada seluruh masyarakat yang terdaftar dalam DPT agar menggunakan hak pilihnya pada 9 Juni mendatang.

Penjabat Gubernur berharap PSU ini berjalan dengan aman, tertib, lancar tanpa ada gangguan. Terlebih, terjaminnya protokol kesehatan mulai dari rumah warga pemilih hingga ke TPS.

BACA JUGA: Personel Gabungan Siap Amankan PSU dan Harus Netral

Sementara itu Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikhwanto mengatakan, dalam PSU Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalsel Tahun 2021 ini sebanyak 2.468 personel gabungan dilibatkan. Diantaranya, 582 personel Polri dan 580 personel TNI, disebar di setiap TPS-TPS untuk melakukan pengamanan.

Kapolda berharap para paslon dan relawan dapat dewasa untuk kesejukkan Banua. Agar masyarakat dapat memilih dengan aman, tentram, damai dan sejuk, sehingga terpilih pemimpin yang benar-benar pilihan rakyat.

Menurutnya semua TPS dianggap rawan, untuk itu diinstruksikan kepada petugas TPS agar mengenali betul tempat ia ditugaskan. Lakukan koordinasi sebelum TPS digelar, sehingga bisa dilakukan tindakan yang tepat dan terukur guna kelancaran pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU).

Didepan para peserta Apel, jenderal bintang dua ini pun mengingatkan dan menegaskan agar menjaga netralitas TNI/POLRI. “Lakukan patroli full, mulai saat ini hingga hari pemungutan suara. Tegakkan ketertiban dan keamanan (Kamtibmas) dalam pelaksanaan pengamanan TPS dengan berkoordinasi kepada petugas KPPS, serta terapkan protokol kesehatan di TPS.” tutupnya.(jejakrekam)

Penulis Iman Satria
Editor Ahmad Riyadi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.