Gelar Musrenbang, 1024 Usulan Disampaikan Kepada Pemkab

0

BADAN Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Balangan menggelar Musrenbang RKPD tingkat kecamatan se-Kabupaten Balangan, bertempat di Aula Mayang Maurai, Selasa (9/3/2021).

PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala Bappeda Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni, menyampaikan pihaknya telah melakukan rekapitulasi surat usulan yang didapat dari desa dan kelurahan, sebanyak 1024 yang ada di Kabupaten Balangan.

“Parameternya tadi kan disampaikan bupati yang prioritas, setelah prioritas sesuai tidak dengan visi misi, kemudian sesuai tidak dengan keinginan masyarakat. Karena usulan itu banyak ada yang bersifat keinginan dan kebutuhan,” ujarnya.

Selanjutnya Bupati Balangan Abdul Hadi, mengatakan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki, sehingga tidak semua usulan bisa dibiayai. Dan hanya hal yang bersifat prioritas saja yang bisa dibiayai.

“Misalnya dibidang pertanian itu menyangkut jalan produksi yaitu jalan usaha tani. Untuk sisi pembiayaan JUT kan kewenangan dari dana desa, jalan produksi dari APBD, karena JUT adalah aset desa dan jalan produksi adalah aset pemerintah daerah,” jelasnya.

Menurutnya prioritas untuk membangun desa jangan sampai keluar dari indeks pembangunan desa, yakni dari segi infrastruktur, ekonomi, dan sosial budaya.

Dengan adanya musrenbang tingkat kecamatan dapat menjaring aspirasi masyarakat tentang kebutuhan pembangunan pada tahun perencanaan. Sehingga dalam pelaksanaan pembangunan daerah akan tepat sasaran, dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat di Kabupaten Balangan.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.