Antisipasi Longsor dan Abrasi, BPBD Balangan Berencana Pasang Siring

0 52

GUNA mengantisipasi jalan abrasi dan longsor, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan  tahun 2020  ini berencana kembali  memasang bronjong di beberapa titik rawan abrasi dan longsor.

KEPALA  BPBD Kabupaten Balangan, Alive Yoesfah Love mengungkapkan, pemasangan bronjong atau siring yang berbentuk anyaman yang terbuat dari kawat berisi batu dan berfungsi untuk menahan air agar tidak meluber. 

“Sementara pemasangan bronjong ini kita fokoskan di Kecamatan Paringin, Paringin Selatan dan Lampihong,’’ ujar Alive saat ditemui, beberapa waktu lalu.

BACA: Dinas Koperasi Dan UMKM Balangan Berikan Diklat Bagi Pelaku Usaha

Untuk titik pemasangan sendiri, menurut Alive, pihaknya memprioritaskannya di daerah pemukiman warga dan yang kondisinya dianggap mendesak.

Pelaksanaanya sendiri, lanjut dia, direncanakan pada Maret atau April mendatang, dimana saat itu diperkirakan sudah memasuki musim kemarau, sehingga pemasangan bronjong akan lebih efektif dan aman.

“Pemasangan bronjong inikan melihat kondisi alam, makanya kita rencana untuk daerah bawah saat musim kemarau agar saat pemasangan bronjong tidak terkendala,’’ paparnya.

BACA JUGA: BLK Balangan Kembali Buka Pelatihan Kerja

Terlepas dari itu, kata Alive, pihaknya juga terus berkoordinasi dengan terkait lainnya, tidak terlepas dengan pihak Desa dan kelurahan apabila ada sempadan sungai yang rawan longsor.

“Beberapa waktu lalu ada yang mengajukan agar diberi bronjong. Kami utamakan daerah yang dekat dengan sempadan sungai dan padat penduduk dulu. Pemasangan bronjong ini juga bentuk komitmen kita dalam melayani masyarakat,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.