ACT

Dinas Koperasi dan UMKM Balangan Berikan Diklat bagi Pelaku Usaha

0 101

DINAS  Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan perindustrian Kabupaten Balangan terus mendorong agar para pengusaha pemula dapat terus mendorong dan memajukan usahanya.

BERBAGAI upaya mewujudkan itu  terus dilakukan  salah satunya dengan mengelar Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi para pelaku usaha tersebut. Sebelum dilaksanakannya diklat tersebut, pendataan dan monitoring terhadap pelaku UMKM pun telah dilaksanakan.

Kepala Dinas Koperasi, UMKN dan Industri Kabupaten Balangan Hj Listiani menyampaikan, pihanya khususnya pemerintah daerah terus berusaha agara bagaimana para pelaku UKM bisa mengahasilkan usaha yang bagus dan siap bersaing di mana pun.

BACA: PT Adaro Raih Penghargaan Proper Emas

Ini penting, menurut Listiani, sebab sekarang para UKM dituntun harus kreatif agar bisa terus bersaing jika ingin usaha tetap eksis. Untuk itulah, kata Listiani, salah satu cara yang ditempuh pihaknya untuk membantu para pelaku UMKN ini aialah melalui  pelatihan dan pendampingan.

“Lewat program pelatihan inilah nanti dapat meningkatkan daya saing dan menaikan kelas dari usahanya,” ucapnya.

Selain itu, dirinya mengingatkan tentang pentingnya konsistensi dalam berusaha. Pelaku harus tetap konsisten menjalankan usahanya. Selain konsisten, pelaku usaha harus semangat dan terus belajar. “Usaha itu jangan timbul tenggelam. Kalau mau berusaha, kita harus konsisten dan terus berusaha serta jangan mudah putus asa,” ujarnya.

BACA JUGA: BLK Balangan Kembali Buka Pelatihan Kerja

Permasalahan-permasalahan pasti akan ditemui dalam menjalankan usaha, namun kata Dia, permasalahan itu tidak lantas membuat pelaku UMKM putus asa. Pemerintah sudah menyediakan berbagai program dan terobosan untuk membantu.

“Kita juga ikut membantu promosi. Promosi ini harus terus digalakan, jika memiliki produk jangan disimpan tapi dikenalkan atau dipromosikan baik offline maun online,’’ pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.