Sungai Balangan Meluap, Sempat Rendam Sejumlah Desa di Tebing Tinggi dan Halong

0

HUJAN deras yang terjadi Minggu (13/1/2019) hingga dinihari Senin (14/1/2019), membuat Sungai Batang Pitap, Kecamatan Awayan dan Tebing Tinggi, meluap.

SELAIN kedua sungai itu, Sungai Batang Balangan di Kecamatan Halong, debit airnya makin meninggi. Akibatnya, banjir  sempat melanda beberapa desa seperti  Desa Mayanau, Kecamatan Tebing Tinggi, Desa Tabuan dan Mantuyan, Kecamatan Halong serta Desa Tariwin Desa Batumandi, sempat terendam banjir beberapa jam.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan, Muhammad Syuhada menyampaikan, air sudah normal kembali setelah beberapa jam sempat meluap dan merendam rumah warga.

BACA :  Prajurit TNI Disiagakan Hadapi Kemungkinan Banjir di Musim Penghujan

“Kam terus pantau kondisi air di lapangan. Kami khawatirkan kalau ada hujan kembali bisa meluap lagi,” beber Syuhada kepada wartawan di Paringin, Senin (14/1/2019).

Untuk sementara, ungkap dia, ada 25 kepala keluarga (KK) yang terendam rumahnya akibat meluapnya  sungai tersebut. Rinciannya, lima kepala keluarga di Desa Mayanau dan 23 kepala keluarga di Desa Tabuan.

“Air sudah turun,  rumah warga yang terendam pun sudah surut,” beber Syuhada.

BACA JUGA :  Bangun Rumah Singgah bagi Warga Balangan yang Berobat di Banjarmasin

Terlepas dari itu, dirinya mengimbau, agar masyarakat waspada terhadap hujan dan meluapnya sungai.

“Kami mengimbau agar warga yang tinggal di bantaran sungai selalu waspada. Terlebih, jika hujan deras turun dengan intesitas waktu yang lama. Karena air sungai bisa meluap sewaktu-waktu dan mengakibatkan banjir,’’ pungkasnya. (jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.