Melek Informasi Digital, LPJK Kalsel Luncurkan Aplikasi Berbasis Adroid

0

TAK ingin tergerus zaman, Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Kalimantan Selatan pun melek dengan informasi teknologi kekinian. Di era zaman now, teknologi digital mengharuskan semua instansi memacu kemampuannya dalam menangkap apa yang diinginkan publik.

INDUK organisasi asosiasi profesi di Kalsel pun meluncurkan aplikasi www.gomaskon.com. Bagi Ketua LPJK Provinsi Kalsel, Subhan Syarief, kegiatan jasa konstruksi tidak boleh ketinggalan dengan sistem digitalisasi yang mendunia.

“Sebab, di era ini, membutuhkan transparansi dan kecepatan. Salah satunya, penerapan teknologi informasi berbasis android di semua aktivitas jasa konstruksi,” tutur Subhan Syarief kepada wartawan di Banjarmasin, Selasa (16/10/2018).

Ia menerangkan aplikasi www.gomaskon.com, ini sangat terpadu, bahkan diakses melalui smartphone. Terutama, lewat fitur-fitur berisi kajian satu tahun dengan mengembangkan sektor tenaga kerja konstruksi, dan badan usaha jasa konstruksi, rantai pasok konstruksi, pola angkutan dan peralatan jasa konstruksi.

Arsitek jebolan ITN Malang ini mengatakan dalam aplikasi www.gomaskon.com terkemas secara lengkap. Intinya sejalan dengan dinamika era digitalisasi dalam sistem masyarakat konstruksi. “Insya Allah, akhir Oktober aplikasi www.gomaskon.com akan kita launcing,” ucapnya.

Mantan Ketua DPP Intakindo Kalsel ini berharap aplikasi www.gomaskon.com tersebut berguna di seluruh Indonesia. Bahkan, beber Subhan, tidak hanya pelaku jasa konstruksi yang berkepentingan, namun masyarakat secara luas juga sangat membutuhkan aplikasi tersebut.

“Nantinya, LPJK di provinsi lain akan menyuplai data yang disinkronkan dengan aplikasi tersebut. Jadi, masyarakat konstruksi Kalsel bisa berkembang secara terpadu. Ini karena semua kebutuhan akan ada di dalam aplikasi yang tersaji,” tuturnya.

Kandidat doktor Universitas Islam Sultan Agung Semarang ini mengatakan ke depan, melalui aplikasi tersebut bisa dikembangkan ke masyarakat, khususnya terkait pelaku jasa konstruksi. “Jadi, mereka dapat aktif memasukkan data,” ucapnya.

Di dalam aplikasi www.gomaskon.com ada tanda dan kode yang menjadi acuan seperti tanda hijau (kontrak masih berjalan), dan tanda merah (habis kontrak), tanda kuning (hampir habis kontrak).

“Tanda yang tercantum memudahkan kita untuk mengetahui kebutuhan yang kita perlukan,” pungkasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Afdi Achmad
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.