Narkoba Hanya untuk Medis, Jangan Disalahgunakan

0

BADAN Narkotika Nasional (BNN) Kalsel melakukan kegiatan penyuluhan bahaya penyalahgunaan narkoba di lingkungan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Cahaya Bangsa di Jalan Akhmad Yani Km 17. Kegiatan ini diikuti  sebanyak 58 mahasiswa/mahasiswi.

PERGIWATI Pristiana Kusuma, penyuluh narkoba ahli pertama BNNP Kalsel menyampaikan bahwa pengguna narkoba ini bukannya semakin menurun tetapi semakin meningkat.

Hal ini sebut dia karena Indonesia merupakan pasar yang bagus untuk peredaran narkoba, maka dari itulah khususnya di daerah Kalsel kita harus tangkal, cegah dan hindari, karena tidak ada gunanya.

“Kecuali kalau digunakan dengan benar dipakai dalam medis contohnya pada saat kita melakukan operasi, dan sesuai dengan resep dokter. Narkoba memang itu sangat dibutuhkan tetapi hanya untuk medis, hanya yang salah itu adalah penyalahgunaannya,” beber Pergiwati

Ia pun memberikan edukasi kepada mahasiswa tentang bahaya penyalahgunaan narkoba. Penyuluhan ini sangat penting untuk menyadarkan kalangan mahasiswa dan masyarakat akan bahaya penyalahgunaan narkoba. Karena kita melihat dari akar permasalahan disitulah muncul permasalahan narkoba.

“Perlu keterlibatan semua pihak, kita juga melihat sumber permasalahan narkoba ini misalnya ternyata penyalahgunaan narkoba juga itu tidak lepas peran dari pada orang-orang yang mengerti dibidang kesehatan,” jelasnya.

Egy demikian narasumber ini sering disapa, dalam paparan nya juga dia sampaikan materi  pengertian narkoba, bahaya narkoba, jenis narkoba, ciri anak yang menyalahgunakan narkoba serta metode pencegahan di lingkungan sekitar.

“Melalui penyuluhan ini diharapkan peserta mendapatkan pemahaman tentang narkoba dan informasi P4GN, sehingga mampu melakukan pencegahan minimal terhadap diri sendiri dan lingkungan sekitar,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.