Jelang Pilkada 2018, Danrem101/Antasari Ingatkan Anggotanya untuk Menjaga Netralitas

0

PESTA demokrasi pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung di empat kabupaten di Kalsel tinggal hitungan hari. Puncaknya adalah hari pemungutan suara pada Rabu (27/6/2018) nanti. Terkait hal itu, Korem 101/Antasari menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan Pilkada serentak di masing-masing Kodim yang menggelar hajatan besar tersebut.

DANREM 101/Antasari Kolonel Inf Yudianto Putrajaya menegaskan pilkada serentak di wilayah kerjanya akan dilaksanakan pada empat titik yang meliputi, Tabalong, HSS, Tanah Laut dan Tapin.

“Tentu saja potensi konflik dan gesekan di masyarakat akan semakin meningkat dan suhu politik akan semakin tinggi,” kata Putrajaya.

Untuk itu, kata dia dirinya memerintahkan agar seluruh jajaran Korem 101/Antasari tetap waspada akan perkembangan situasi di setiap wilayah. Jika terjadi indikasi ancaman, gangguan, dan kerawanan terhadap kemanan pelaksanaan pilkada maka diharapkan segera melakukan antisipasi dari semua kemungkinan terburuk.

Ia pun juga meminta jajarannya untuk merangkul tokoh-tokoh baik masyarakat, agama, maupun adat dan melakukan sinergi dengan membantu tugas Polri dalam pengamanan sesuai prosedur.

Putra mengingatkan mengenai netralitas TNI. Karena itu pula, dalam suasana seperti itu komitmen netralitas TNI akan diuji. Bila ada indikasi prajurit jajaran Korem 101/Antasari yang tidak netral, maka harus segera laporkan dan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Dalam pelaksanaan Pilkada serentak saya mengharapkan agar tetap menjaga kekompakan dan solid, serta senantiasa menjalin hubungan dan kerja sama dengan unsur terkait dan sesama aparat keamanan lainnya secara harmonis dan terpadu. “Bertindaklah secara rasional, profesional, dan proporsional serta senantiasa dilandasi disiplin yang tinggi,” tegas Putra.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.