Diguyur Hujan Lebat, Wilayah Ronggolawe di Muara Teweh Kembali Dilanda Banjir

0

SEJUMLAH rumah kembali terendam pasca hujan deras yang mengguyur Kota Muara Teweh sejak Rabu (2/0/2018) dini hari. Namun rumah yang terendam itu tidak separah pada kejadian beberapa hari lalu. 

KEPALA  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Barito Utara,  Gazali Mantalatua, mengatakan belasan rumah yang terendam di wilayah Ronggolawe sudah reda. Hal ini karena air cepat surut.

Menurutnya, banjir yang melanda wilayah Ronggolawe memang kerap terjadi. Ini disebabkan karena hujan lebat diwilayah sekitar. Sementara sungai tidak mampu menampung air hujan. Sehingga bila hujan lebat hingga beberapa jam, maka air akan merendam perumahan warga.

Dijelaskannya,  banjir juga terjadi beberapa hari lalu di tempat yang sama. Dimana kedalaman air lebih meningkat bila dibandingkan hari ini. Namun kata dia,  pihaknya langsung turun ke lokasi untuk membantu warga yang tertimpa banjir.

“Beberapa hari sebelumnya memang kota Muara Teweh dilanda banjir dengan merendam ribuan rumah warga. Namun saat ini sebagian perumahan juga sudah mulai mengering,” ucapnya.

Dengan mulai surutnya air pasca banjir,  Badan Penanggulangan Bencana daerah, telah menerjunkan beberapa tim kesehatan. Tim kesehatan dari BPBD nantinya akan melakukan pemeriksaan diwilayah bekas banjir,  khususnya untuk perkotaan.

“Pasca banjir hari ini kita telah menurunkan beberapa orang dari tim kesehatan guna memeriksa warga yang sakit,”kata Gazali Mantalatua.

Tim kesehatan yang pasti mendata warga yang tempat tinggalnya banjir. Dan langsung melakukan pemeriksaan siapa tahu mereka sakit dan bahkan perlu perawatan.

“Dengan diturunkannya tim kesehatan,  maka ini akan membantu warga. Dan biasanya pasca banjir,  ada gejala yang ditimbulkan misalnya gatal gatal dan lainnya, “pungkasnya.(jejakrekam) 

 

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.