JIMKA Terima Donasi Ambulance Pertamina

0

JARINGAN Intelektual Muda Kalimantan (JIMKA) menerima donasi 1 unit ambulance dari PT Pertamina. Hal tu tidak lain, wujud tanggung jawab sosial PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan, sebagai perusahaan ternama di Indonesia. Penyerahan bantuan dilaksanakan di Duta Mall Banjarmasin, Sabtu (7/10/2017) bersamaan dengan penyelenggaraan acara Bright Gas Cooking Competition.

SATU unit mobil ambulance diserahkan secara langsung oleh Area Manager CSR & SMEPP Pertamina Kalimantan Audy Arwinandha Nasution kepada Dr MS Sidiq SAg MSi, Ketua Umum Sekretariat Nasional Jaringan Intelektual Muda Kalimantan.

Ditemui di sela-sela acara, Audy menyatakan perusahaan memiliki tujuan untuk tumbuh berkembang bersama masyarakat. Menurutnya, Pertamina senantiasa hadir dengan program-program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan dapat membantu masyarakat, khususnya yang berada dengan wilayah operasi Pertamina.

“Bantuan Ambulance ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat yang membutuhkan layanan kesehatan pada saat darurat, khususnya di wilayah Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kelurahan Pemurus Dalam. Setelah siap dioperasikan, layanan ambulance ini akan diberlakukan gratis bagi masyarakat,” ungkap Audy.

Selain program CSR di bidang kesehatan di Provinsi Kalimantan Selatan, Pertamina juga telah melaksanakan serangkaian program. Hal tersebut sesuai dengan program TJSL Pertamina yang memiliki beberapa pilar yakni lingkungan, kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat.

“Salah satu program unggulan kami di Provinsi Kalimantan Selatan adalah konservasi hewan Bekantan. Pada program ini kami bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam dalam penyelematan Bekantan, peningkatan sarana rehabilitasi hingga pelepasliaran bekantan ke habibat alami,” tambah Audy.

Ia menuturkan, program-program lain yang dilaksanakan bervariasi dari bersifat bantuan fisik hingga pemberdayaan. Di sepanjang tahun 2017 ini sekitar Rp 2 miliar dana TJSL telah disalurkan di Provinsi Kalimantan Selatan. Salah satu program yang baru-baru ini dilaksanakan adalah pemberdayaan masyarakat Kelompok Tani Rejeki Kartini di Kelurahan Guntung Payung Banjar Baru yang melibatkan ibu-ibu di wilayah tersebut untuk bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik.

“Melalui program TJSL Pertamina kami berharap dapat memberikan manfaat langsung bagi masyarakat yang membutuhkan. Ke depannya, sinergi antara masyarakat dan Pertamina dapat lebih terjaga,” katanya.

Senada itu, Dr MS Sidiq SAg MSi, Ketua Umum Sekretariat Nasional Jaringan Intelektual Muda Kalimantan mengapresiasi kepada PT Pertamina yang senantiasa respon terhadap kebutuhan masyarakat. “Kami ucapakan terima kasih kepada PT Pertamina. Dan JIMKA yang menerima bantuan 1 unit ambulance, tentu akan memberikan kemudahan melayani masyarakat di Kota Banjarmasin. Itu ambulance untuk melayani keperluan masyarakat secara gratis,” tandas MS Suryani.

Pria yang pernah menjadi jurnalis di Kota Banjarmasin ini menargetkan, JIMKA selalu bermintra dengan lembaga pemerintah dan swasta. “Kami menargetkan untuk di Banjarmasin 5 unit mobil ambulance, dan begitu pula di wilayah Kalbar, Kalteng, dan Kaltim!,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : The Economics
Editor   : Afdi Achmad
Foto     : Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.