XL Axiata Tingkatkan Infrastruktur 4G LTE

0

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) melakukan perluasan jaringan layanan data berkualitas di berbagai daerah, termasuk di Sulawesi. Perkembangan positif terjadi di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Tercatat kenaikan trafik data mencapai 134% dalam kurun waktu setahun terakhir, termasuk 3 bulan sejak layanan 4G LTE masuk provinsi tersebut. Layanan 4G LTE XL Axiata ini telah hadir di Kota Kendari, Kota Baubau, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, dan Kabupaten Muna.
Dari total pelanggan XL Axiata di Sultra, dari lebih 379 ribu pelanggan, kini sekitar 100 ribu di antaranya telah aktif memanfaatkan layanan 4G LTE.
Caretaker Vice President (VP) North Region XL Axiata, Mozes Haryanto Baottong mengatakan, secara umum di seluruh wilayah Sulawesi, termasuk Sultra, permintaan atas layanan data cukup tinggi.
“Karena itu, perluasan layanan internet cepat 4G LTE yang kami lakukan cukup agresif, menyesuaikan dengan momentum pertumbuhan yang terjadi. Layanan 4G LTE sudah masuk dan melayani masyatakat di 37 kota/kabupaten di Provinsi di Sulawesi. Total BTS 4G LTE di seluruh Sulawesi yang sudah beroperasi saat ini ada sebanyak hampir 500 unit, dan akan terus ditambah hingga mencapai lebih dari 560 unit sampai akhir tahun 2017,” katanya, Jumat (08/09/2017)
Khusus untuk Sultra, membangun infrastruktur layanan 4G LTE terus berlanjut dan saat ini telah beroperasi sekitar 40 unit BTS 4G di lima kota/kabupaten. Jumlah BTS 4G terbanyak ada di Kota Kendari yang merupakan Ibukota Provinsi Sultra sebagai pusat pemerintahan dan perekonomian. Penambahan BTS 4G ini masih akan terus berlanjut sesuai dengan peningkatan kebutuhan pelanggan.
Sementara itu, perluasan ke kota/kabupaten lainnya juga terus diupayakan. Untuk kota/kabupaten lainnya yang belum terjangkau 4G LTE, pelanggan sudah bisa memanfaatkan layanan 3G dengan kualitas yang telah ditingkatkan. Total ada sekitar 300 unit BTS 3G di seluruh kota/kabupaten di Sultra.
Di Semester 1 2017, dari total pelanggan XL Axiata di seluruh Sulawesi sekitar 2,7 juta, tingkat penetrasi smartphone data (3G dan 4G) mencapai 68%. Khusus untuk pengguna smartphone 4G, jumlahnya lebih dari 1 juta pelanggan. Kota-kota yang telah terjangkau layanan 4G LTE XL Axiata antara lain Makassar, Manado, Palu, Parepare, Gorontalo, dan Kotamobagu. Untuk trafik layanan data, telah meningkat hingga 269% dalam setahun terakhir, dan trafik 4G LTE bahkan sampai 509%. Sementara itu layanan 3G sudah menjangkau semua provinsi dan sebagian besar kota/kabupaten di seluruh Sulawesi, dengan jumlah total BTS 3G mencapai lebih dari 1.700 unit dari target lebih dari 1.900 unit. (jejakrekam)

Penulis : Tim Economic
Editor : Afdi Achmad
Foto : Dokumen

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.