Ratusan Hektare Lahan Gambut di Pengayuan Liang Anggang Terbakar

RATUSAN hektare lahan gambut di kawasan Pengayuan, Liang Anggang, Kota Banjarbaru, terbakar hebat pada Jumat (6/9/2019) siang, sekira pukul 15.00 Wita. Ini ditandainya dengan asap tebal yang menutupi kawasan penghubung Banjarbaru ke Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut.

API terus berkobar hebat, hingga masyarakat dan relawan pemadam kebakaran berdatangan ke lokasi. Hingga, petugas gabungan TNI, Polri, dan BPBD serta Manggala Agni juga berjibaku melawan api yang terus melahap lahan terbuka itu.

Proses pemadaman pun berlangsung dramatis. Ini dikarenakan sulitnya air sebagai senjata pemadaman api agak sulit didapat. Ini ditambah kencang anginnya, membuat petugas kesulitan menaklukkan si jago merah.

BACA : Berawal dari Gunung Raja, Ratusan Hektare Lahan Terbakar di Banua Raya

Tak hanya kawasan Pengayuan, api juga terus membakar hingga merambas ke wilayah perbatasan Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut.

“Awalnya api kecil, tapi makin besar akibat diterjang angin yang sangat deras. Makin membesar, akhirnya ratusan hektare lahan yang terbakar. Sampai sekarang masih membakar dan menghasilkan asap yang tebal,” ucap Susanah, warga Pengayuan kepada awak media, Jumat (6/9/2019).

BACA JUGA : BPBD Kalsel Sebar SMS Berantai, Pemilik Lahan Terbakar Terancam Sanksi

Ia mengaku sempat was-was, karena api makin membesar, nyaris menyasar rumah warga. Untungnya, berkat kesigapan petugas dan relawan gabungan, api berhasil dibendung.(jejakrekam)

Penulis Balsyi
Editor Didi GS