BUMN Gelontorkan Bantuan Bina Lingkungan Rp 725 Juta

0

DALAM rangkaian kegiatan memperingati Hari Ulang Tahun Ke-74 Republik Indonesia, Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN) Tahun 2019 menyelenggarakan beberapa kegiatan di Kalimantan Selatan.

SALAH satu program bantuan kali ini, penyerahan Bantuan Bina Lingkungan (BL) di beberapa wilayah Banjarmasin dengan total Bantuan Bina Lingkungan (BL) senilai Rp 725 juta. Bertepatan dilaksanakannya Upacara Peringatan HUT ke-74 RepubIik Indonesia, Direktur Utama Jasa Raharja Budi Rahardjo Slamet bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo Slamet mengatakan, program bantuan ini sebagai upaya turut serta dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat Indonesia, khususnya di Kalsel. Program ini, setiap tahun akan ditingkatkan sebagai kepedulian dari BUMN.

BACA : Gelontorkan Dana Bantuan Rp 4,7 Miliar, BUMN Perkuat Potensi Ekonomi Kalsel

“Keberadaan serangkaian Program BUMN Hadir Untuk Negeri ditujukan untuk dapat menghadirkan aksi nyata BUMN untuk ikut serta membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia khususnya di Kalsel,” jelasnya, Sabtu (17/8/2019), di Gedung Sultan Suryansyah, Banjarmasin.

Adapun salah satu bantuan yaitu pembuatan MCK umum di Hulu Sungai Selatan dan Martapura Barat sebanyak 8 pintu dan bantuan pembuatan MCK rumah tangga di wilayah Belitung Utara RT 15 dan RT 5 serta Kelurahan Basirih dengan jumlah 22 pintu, pihaknya berharap masyarakat dapat menjaga lingkungan bersih dan sehat, agar terhindar dari segala macam penyakit.

“Untuk bantuan MCK kita berikan senilai Rp 300 juta serta Rp 100 juta untuk sarana air bersih berupa pipanisasi di Martapura Barat dan pengelolaan air bersih di Kabupaten Hulu Sungai Selatan, sehingga masyarakat bisa nyaman dan dapat menjaga kebersihan lingkungan,” tambahnya.

BACA JUGA : Bulog Divre Kalsel Gelar Program BUMN Hadir untuk Negeri

Pada kesempatan itu juga diberikan bantuan beasiswa kepada siswa SD, SMP dan SMA sebanyak 25 siswa senilai Rp 125 juta. Program elektrifikasi 50 rumah untuk di Kabupaten Banjar 29 rumah, Kabupaten Barito Kuala 14 rumah dan Kota Banjarmasin 7 rumah dengan total senilai Rp 100 juta.

Sementara itu Arief Budiman, Direktur Utama PT Danareksa (Persero) mengatakan, Melalui program Siswa Mengenal Nusantara (SMN), Danareksa berkesempatan mengenalkan industri pasar modal, khususnya Reksa Dana kepada generasi penerus.

“Dengan pengenalan di usia dini, diharapkan dalam beberapa tahun ke depan mereka dapatbmengembangkan pasar modal Indonesia, serta memberi manfaat yang lebih banya lagi bagi masyarakat Indonesia,” terangnya.

Senada Dirut PT Jasa Raharja, Indriani Widiastuti, Asisten Deputi Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan II dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara mengatakan program ini sebagai salah satu Program BUMN Hadir Untuk Negeri (BHUN).

“Setiap tahun kami melakukan kegiatan peduli dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia, untuk itu kementerian BUMN untuk ikut serta membangun kesejahteraan dan juga berperan dalam pemerataan hasil pembangunan bagi seluruh rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Keesokan harinya, tanggal 18 Agustus 2019, dilaksanakan jalan sehat 5 kilometer yang berlokasi di Taman Siring (KM 0). Kegiatan ini dihadiri lebih kurang 2.000 orang masyarakat umum dan keluarga BUMN.

Selain itu, diadakan pula kegiatan pengobatan gratis, zumba dance, lomba, kuliner gratis dan pameran produk mitra binaan BUMN. Rangkaian kegiatan berakhir pada 24 Agustus 2019 dengan kembalinya peserta SMN dari Kalimantan Selatan dan Sumatera Barat ke daerah masing-masing.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.