PWNU Kalsel Gelar Madrasah Kader Nahdlatul Ulama

PENGURUS Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalsel menyelenggarakan Madrasah Kader NU (MKNU) Angkatan II di Balai Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (BTIKP), Jumat-Minggu (26-28/7/2019).

MKNU dibuka langsung Ketua PWNU Kalsel Abdul Haris Makkie dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Luwarso.

Ketua panitia pelaksana Samsul Rani mengatakan, MKNU diadakan sebagai bagian dari amanat konstitusi. “Berdasarkan AD/ART hasil Muktamar Jombang, pasal 39 ayat 4 dinyatakan, syarat seseorang untuk bisa menjadi pengurus adalah telah mengikuti MKNU,” ucap Samsul Rani.

BACA : PWNU Kalsel Gelar Pelatihan Kalibrasi Kiblat dengan Metode Istiwa A’zham

Diungkapkannya, dalam MKNU peserta ditanamkan ideologi ahlussunnah wal jamaah. “Materi dalam MKNU, diantaranya sejarah NU dan rencana tindak lanjut, relasi NU dengan negara, cita-cita dan arah strategi perjuangan NU 2015-2026, cacatan tentang ekonomi dan ideologi NU,” ucap akademisi UIN Antasari ini.

Ia menjelaskan jumlah peserta sebanyak 60 orang yang terdiri dari beragam profesi, baik birokrat, politisi, akademisi, hingga pengusaha. “Di NU semua ada. Jadi pelatihan ini bisa mempersatukan umat tanpa ada sekat-sekat orientasi politik,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Andi Oktaviani