Budayakan Gemar Membaca Sejak Usia Dini

SEBAGAI tanda peduli dan  mendukung pendidikan anak usia, Bunda PAUD Balangan, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan Hj Nursidah Ansharuddin mengadakan acara kunjungan Bunda PAUD, guru, orang tua murid dan murid di TK Harapan Bangsa SKB Balangan, Kamis (18/7/2019)

KEGIATAN ini juga dirangkai  dalam Rangka Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) oleh Dinas Perpustakaan Balangan. Hj Nursidah Ansharuddin menyampaikan tujuan Gerakan Nasional membaca buku adalah supaya anak mengenal, bagaimana cara membaca ketika nantinya dia masuk sekolah dasar tahu cara membaca.

“Orang tua murid harus sering mendongengkan, jadi anak itu mengerti sambil bertanya ini huruf apa yang didalam cerita itu sambil ditanya untuk membimbing anak. Sehingga anak kenal dengan huruf-huruf tersebut,” ujarnya.

BACA: Peringati HANI, BNN Balangan Gandeng Kaum Millenial

Nursidah berharap semoga nantinya akan selalu berlanjut acara seperti ini, karena banyak TK dan PAUD di Kabupaten Balangan yang belum mendapat kesempatan mengikuti kegiatan ini. “Kami nanti akan menghimbau TK dan PAUD lain untuk bisa bergabung di acara seperti ini di perpustakaan Kabupaten Balangan,” katanya.

Sementara itu Mahyudi, Kepala Dinas Perpustakaan Balangan merasa sangat bersyukur sekali atas terselenggaranya acara ini. “Alhamdulillah kami merasa bersyukur dan bahagia sekali karena kedatangan orang tua dan murid. Kegiatan ini sekaligus untuk memperkenalkan Dinas Perpustakaan dan terasa lebih spesial karena didampingi bunda baca dan Bunda PAUD Kabupaten Balangan,” katanya.

Mahyuni berharap dengan hadirnya Bunda PAUD pada kegiatan Gernas Buku ini, akan memotivasi orang tua agar membimbing anaknya untuk terus belajar membaca dan membudayakan gemar membaca di masyarakat Balangan.

BACA JUGA: Posyandu Dijadikan Ujung Tombak Pemenuhan Hak Anak

Orang tua murid, Pretty dan Ruth Siregar sangat mendukung dan mengapresiasi program ini. Mereka mengatakan program ini sangat membantu para orang tua murid, terlebih acara ini bisa mendekatkan antara sesama anak.

“Sekarang kan era nya gadget, jadi orang tua mungkin lebih senang memberikan hp sama anaknya, sehingga kedekatannya semakin rendah. Jadi dengan acara seperti ini orang tua lebih terlibat dalam pendidikan anak dan juga orang tua bisa lebih akrab, lebih tau sesama orang tua maupun guru-guru di sekolah,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza