Teknologi Digital, Bantu Penataan Kota Menjadi Lebih Baik

0

WAKIL Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan menghadiri Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) yang dibuka langsung oleh Wapres Jusuf Kalla, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

RUDY Resnawan mengatakan, Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum (IISMEX) Jakarta, 2019 merupakan kegiatan pameran dan forum yang menampilkan konsep serta inovasi sistem perkotaan.

Sistem ini  mengintegrasikan teknologi digital guna membangun sebuah kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup.

BACA: Hj Raudatul Janah Tak Lelah Gaungkan Gerakan Pramuka Kalsel

Diterangkan, integrasi teknologi digital berperan penting membuat kota menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak huni (sustainable).

Sementara itu, Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, kota cerdas atau smart city merupakan cerminan kecerdasan kepala daerah. Sedangkan, instrumen teknologi hanyalah sebagai penunjang belaka. Karena itu, kepala daerah diminta memaksimalkan teknologi serta berinovasi untuk menggali potensi daerahnya masing-masing.

Konsep kota cerdas, lanjut JK, merupakan bagian dari meningkatkan ekonomi yang adil bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukan inovasi dan inisiatif Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memaksimalkan potensi daerahnya masing-masing.

Kegiatan yang digelar dari tanggal 17 hingga 19 Juli 2019 ini di ikuti oleh 560 peserta dari 30 negara yang akan menampilkan teknologi dan inovasi, di antaranya teknologi informasi dan komunikasi, traffic management, transportasi, perbankan, pengolahan air, pengolahan limbah, energi terbarukan, keamanan, penanggulangan bencana, pemadam kebakaran, SAR, dan K3.(jejakrekam)

Penulis Fahri (Biro Humpro Kalsel)
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.