Dukung Operasional BRT, 7 Halte Segera Dibangun di Jalan Achmad Yani

PENGOPERASIAN lima unit bus rapid transit (BRT) oleh Dinas Perhubungan Provinsi Kalimantan Selatan dalam skema ujicoba sistem transportasi Banjarbakula, didukung Pemkot Banjarmasin. Apalagi, layanan bus itu berada di koridor satu dari Halte Km 0 Jalan Sudirman, Jalan Piere Tendean, Jalan Achmad Yani hingga ke Terminal Gambut Barakat Km 17, Gambut.

PENYEDIAAN halte pun kini disiapkan Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin mendukung program BRT Banjarbakula. Ada tujuh halte yang akan dibangun berada di poros Jalan Achmad Yani, seperti di depan RSUD Ulin Banjarmasin, perkantoran dan kawasan sekolah.

Walikota Ibnu Sina berpesan agar pembangunan halte di kawasan Jalan Achmad Yani tidak sampai merusak trotoar yang telah rampung dibenahi, terutama trotoar bagi penyandang disabilitas.

Tujuh halte ini rencananya akan dibangun Dishub Banjarmasin bersama Dishub Provinsi Kalsel. Termasuk, halte yang akan dibangun di kawasan sekolah.

BACA :  Dana 12 M Dikucurkan, Lanjutan Proyek Penataan Trotoar A Yani Tunggu Pemenang Lelang

Menurut Ibnu Sina, untuk pembangunan halte di kawasan trotoar yang belum dibenahi, bisa ditancapkan pondasinya terlebih dulu. Sedangkan, trotoar yang sudah ditata dari Jalan Achmad Yani Km 2 hingga Km 4, diminta Ibnu Sina agar mempertimbangkan aspek keindahan dan kenyamanan bagi pejalan kaki dan penumpang bus BRT nantinya.

“Ya, jangan sampai merusak troator yang ada,” kata Ibnu Sina di Balai Kota, Kamis (7/2/2019).

Sebagai pelaksana pembangunan halte, Dishub Banjarmasin dan Dishub Kalsel pun berjanji tidak akan merusak troator yang sudah dibenahi, terutama di sepanjang dua kilometer Jalan Achmad Yani. Terutama, keberadaan guide block bagi petunjuk jalan penyandang disabilitas, khususnya tunanetra.

BACA JUGA :  Uji Coba Lima Bus Biru BRT Banjarbakula Mengaspal di Koridor Satu

Meski nanti ada beberapa lantai akan dibongkar, Dishub memastikan akan diganti dengan paving block atau keramik serupa. Rencananya, halte yang akan dibangun itu didesain menarik dan futuristik, berbeda dengan halte-halte yang sudah ada di kawasan Jalan Achmad Yani, seperti di depan kantor PDAM Bandarmasih, seberang Polresta Banjarmasin dan lainnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Didi GS
Anda mungkin juga berminat
Loading...